caption trialgame

Cara Mudah Melatih Manuver Pivot Turn

Monday, 23 September 2019

Cepat atau lambat, Anda yang gemar memacu motor trail di lintasan single track offroad, pasti akan berhadapan dengan situasi saat motor trail Anda tidak memiliki tempat untuk melakukan manuver atau berbelok. Salah jalan, handicap yang terlalu susah serta tikungan tajam merupakan alasan terbanyak pengendara motor trail memutar balik tunggangannya.

Nah biasanya di track single track, agak sedikit sulit untuk memutar balik motor trail, tapi jangan khawatir ada sebuah manuver yang bisa Anda lakukan ketika dihadapakan dengan situasi tadi. Istilah umum yang sering digunakan adalah pivot turn. Manuver ini bisa dilakukan oleh semua orang tapi sebelumnya tentu harus mempelajarinya terlebih dahulu. Nah kita akan membreak down manuver ini agar Anda mudah saat mencoba untuk melakukannya.

Pivot turn adalah trik yang cukup sulit, dan jika Anda mempunyai kaki yang panjang, hal ini amat sangat membantu dalam menguasai teknik ini. Pertama Anda tempatkan kaki ke samping bodi motor trail dan posisikan kaki dengan jarak sekitar 25 centimeter di depan pijakan kaki.

Trik ini bekerja dengan amat baik saat Anda berhadapan dengan tikungan yang mengarah ke kiri, karena jika motor trail mulai terasa selip, Anda masih bisa menggunakan kaki untuk menginjak rem belakang demi mendapatkan kembali kesimbangan.

Setelah itu, tekan fork depan dengan keras dan ketika terjadi pantulan , segera lepaskan kopling dan tambahkan sedikit gas serta tarik stang motor sehingga dalam posisi wheelie. Kemudian arahkan motor trail sesuai dengan yang Anda inginkan. Tekan kopling jika Anda merasa motor akan berada dalam kondisi stall.

Sebenernya cukup sederhans esensi dari pivot turn ini, tapi biasanya saat pertama kali mencoba melakukan trik ini, kemungkinan besar Anda akan terjatuh. Kuncinya tentu adalah latihan yang rutin. Temukan lokasi ideal untuk melatih manuver ini dan hindari lokasi yang dipenuhi bebatuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada motor.

Jika Anda memiliki motor trail jenis enduro kami sarankan untuk melatih manuver ini dengan menggunakan motor trail standar ya. Maklum saja motor trail endurountuk biasanya memiliki ukuran bodi motor yang lebih panjang sehingga akan menyulitkan Anda saat berlatih melakukan pivot turn di tempat yang sempit. Nah selamat mencoba.

Image credit : grahamjarvis.org

 

comments

`