caption trialgame

Cegah Resiko Aki Motor Meledak

Tuesday, 28 February 2023

Cegah Resiko Aki Motor Meledak


Aki pada motor merupakan suatu wadah bagi arus dan tegangan listrik yang dihasilkan dari spul dan disuplai oleh kiprok. Dari kiprok, aki menampung arus dan tegangan listrik yang sudah dihasilkan tadi. Kemudian hasil arus dan tegangan listrik yang ditampung tadi selanjutnya akan didistribusikan pada komponen-komponen pada sepeda motor yang membutuhkan daya listrik.

Seperti sudah diketahui, aki adalah salah satu komponen yang menghasilkan energi listrik dari reaksi kimia dengan salah satu output-nya yang berupa gas Hidrogen. Gas Hidrogen adalah salah satu gas yang mudah terbakar ketika dekat dengan titik api. Maka ketika hal tersebut terjadi, menjadi suatu kelaziman jika terjadi ledakan.

Namun, aki meledak bisa diminimalisir jika pengguna rajin melakukan pengecekan dan perawatan aki. Perilaku seperti meng-jumper dengan langkah yang salah juga bisa sebagai penyebab aki meledak.Yang penting Anda perlu mengetahui terlebih dulu dimana saja kemungkinan titik api berada dalam komponen aki maupun kemungkinan titik api lainnya pada area mesin, sehingga bisa antisipasi pencegahannya. Banyak faktor yang dapat menyebabkan adanya titik maupun percikan api, baik itu faktor internal ataupun faktor eksternal aki yang terpasang.

?Faktor internal yang menjadi pemicu percikan api diantaranya adalah sentuhan antar plat. Dengan bertambahnya usia pakai aki, larutan asam semakin berkurang dan plat tidak lagi terendam sehingga menyebabkan plat melengkung. Maka ketika kunci start diputar, permintaan tenaga listrik dalam jumlah besar untuk menggerakkan motor starter dapat menyebabkan plat bengkok itu menjadi lentur dan kemungkinan akan bersentuhan dengan plat lain sehingga menimbulkan percikan api.?

?Sedangkan contoh faktor eksternal yang biasanya ditemukan pada ledakan aki saat menyalakan mesin terjadi ketika kutub-kutub aki dan kabel kotor. Kotoran itu menghambat jalannya arus listrik dan bisa menimbulkan loncatan bunga api. Jadi kebiasaan untuk mengecek dan membersihkan aki secara teratur sangat menguntungkan.

Selain itu, kebiasaan men-jumper yang kurang tepat juga menjadi suatu hal yang riskan. Kebanyakan pengendara salah kaprah dengan memasang kabel jumper ke aki yang bagus, kemudian menyambungkan ke aki yang lemah. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya percikan api. Maka, biasakan untuk memasang kabel jumper pada aki yang lemah terlebih dahulu, sebelum disambungkan ke aki yang bagus.

Penyebab yang lainnya adalah tersumbatnya lubang vent plug battery, dimana lubang tersebut bertindak sebagai safety valve saat tekanan di dalam aki meningkat akibat terbentuknya uap air atau gas hidrogen-oksigen akibat proses hidrolisis air saat proses charging berlangsung. Jika terjadi kondisi kotor di vent plug, maka potensi tersumbatnya vent plug akan semakin besar.

?Kebiasaan memeriksa aki secara rutin juga akan sangat mempengaruhi usia pakai dan kinerja aki. Berikan perhatian lebih untuk memeriksa kebocoran elektrolit, korosi konektor, keretakan pada tutup atau kotak aki dan kerenggangan pada komponen aki serta jangan lupa untuk membersihkan pula kutub-kutub aki.

comments

`