TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Cek Empat Komponen ini Jika Bensin Bocor dari Karburator

Teknis Kendaraan 12.08.2020

Cek Empat Komponen ini Jika Bensin Bocor dari Karburator


Tidak semua orang sudah menggunakan teknologi injeksi pada motor trailnya. Bahkan di Indonesia, pengguna motor trail berkarburator terhitung masih banyak lho. Nah biasanya motor trail yang menggunakan sistem karburator sudah berumur, dan seiring usia pakai dipastikan akan ada beberapa masalah kecil yang timbul, salah satunya adalah karburator bocor. Yang jadi masalah besar adalah, kadang tetesan bensin yang keluar dari karburator tak tedeteksi oleh pengendara karena posisi karburator yang tertutup oleh bodi.

Awalnya cuma mencium bau bensin aja dan biasanya jarang ada yang langsung mengetahui jika karburator motornya bermasalah.  Ternyata penyebabnya bisa dari pompa bensin, slang bensin, jarum pelampung atau dalam tangki kotor akibat jarang dipakai dalam jangka waktu cukup lama.

Nah ada beberapa langkah pengecekan untuk mengetahui sumber penyakitnya, yang pertama adalah pengecekan pertama pada pompa bensin.Kerja komponen tersebut memberikan tekanan bahan bakar ke karburator.  Jika bensin mengucur terus, berarti katub di dalamnya sudah nggak mampu menutup dengan baik atau lemah.

Dilanjutkan pengecekan komponen selang bensin.Jangan sampai ada yang bolong atau sambungan yang longgar. Biasa yang mudah rusak itu di ujung selang akibat seringnya bongkar pasang karbu dan dipaksa masuk.

Setelah itu, cek jarum pelampung.Karena peranti ini yang mengatur asupan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar. Jika sudah tumpul atau rusak, kemungkinan bensin akan mengucur terus karena nggak bisa menutup dengan sempurna.

Yang terakhir adalah bak bensinnya. Kotoran yang mengendap di dasar bak bensin karburator juga bisa membuat celah kecil di lubang baut saluran pembuangan. Selain itu, jika motor tak dipakai dalam waktu lama dalam keadaan bensin kosong, hal itu bisa menimbulkan korosi di dinding penampung bahan bakar. Kotoran karat yang ada di tangki bensin bisa terbawa ke karburator. Akibatnya aliran bensin tak lancer. Makanya kinerja jarum pelampung tak sempurna sehingga bensin terus mengalir ke karbu dan bak karburator menjadi penuh dan luber. 

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 01.12.25

Effort Besar Bersihkan Lumpur Pasca..

Musim hujan emang paling asyik nih buat trabasan. Cuaca yang gloomy mendung bikin adem saat melintas medan offroad. Tanah basah,...

News
Teknis Kendaraan 01.12.25

Geliat Pasar Helm High Super..

Teknologi yang semakin maju, telah merambah ke perlengkapan berkendara motor. Gak percaya? nih buktinya, produsen helm terkenal asal Jepang, Shoei,...

News
Teknis Kendaraan 01.12.25

Lakukan Ini Jika Ingin Velg..

Meski hampir semua model motor kini menawarkan velg casting karena praktis tetapi motor trail tetap menggunakan velg jari-jari. Motor trail...