caption trialgame

Cek Empat Komponen Ini Jika Motor Trail Boros BBM!

Wednesday, 11 May 2022

Cek Empat Komponen Ini Jika Motor Trail Boros BBM!


Untuk Anda yang menggunakan motor trail secara harian, pernahkah Anda merasa jika konsumsi bahan bakar motor Anda mulai boros ? Gaya berkendara memang menjadi salah satu faktor apakah motor trail  bisa irit atau boros. Namun, itu adalah hal eksternal, bukan penyebab internal yang timbul dari dalam motor itu sendiri.

Nah tahukah Anda ternyata ada 4 hal penyebab internal motor bisa boros bensin. Jika keempat hal ini teratasi, maka motor Anda bisa kembali hemat bahan bakar. Penasaran kan apa saja empat hal tadi? Simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah kondisi filter udara yang kotor. Jika motor trail Anda jarang diservis rutin, lama-kelamaan kotoran debu pada filter bisa menumpuk dan membuat aliran udara terhambat. Efeknya, piston akan menyedot dengan kekuatan tetap namun udara lebih sedikit. Campuran bahan bakar dengan udara yang kurang ideal membuat performa mesin menurun. Akhirnya, tangan akan memutar gas lebih dalam dan membuat indikator bensin cepat berkedip.

Kemudian bisa jadi ada kebocoran pada tangki motor trail Anda yang tidak terlihat. Bensin adalah cairan yang mudah meguap. Apabila motor trail Anda tiba-tiba menjadi boros, Anda mungkin harus mengecek kondisi tangki motor. Pastikan tangki tidak punya celah sama sekali dan segera tutup tangki bensin bila dirasa sudah longgar.

Oh iya kondisi rem yang tersumbat kotoran bisa membuat bahan bakar boros lho. Hal ini akan membuat mesin bekerja lebih keras dan berat untuk melaju. Dampaknya, performa mesin akan menurun dan menjadi lebih panas. Otomatis, bensin lebih banyak terbakar meski belum waktunya ignition.

Dan yang terakhir adalah sistem pengapian yang terganggu. Sistem pengapian, CDI, atau ECU sangat berpengaruh pada proses pembakaran yang dipicu koil pada busi. Jika api yang dihasilkan busi kecil, maka proses pembakaran juga akan terganggu. Efeknya, bensin tidak bisa terbakar sempurna dan mesin kurang bertenaga. Nah jadi cek empat hal di atas yang jika motor trail Anda dirasa boros, dan jika ternyata sudah dicek tapi tetap boros, tandanya sudah saatnya motor Anda mengunjungi mekanik kepercayaan Anda.

comments

`