caption trialgame

Cek Komponen Motor Trail Ini Setelah Terendam Banjir

Friday, 10 January 2020

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas mengenai menyalakan motor setelah terendam banjir. Namun ternyata, Anda tidak boleh bergembira dulu lho kendati motor trail Anda bisa dinyalakan setelah terendam banjir. Ada beberapa komponen penting yang harus Anda cek, agar performa motor tetap prima dan handal. Apa saja kah itu? Simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah filter udara. Komponen ini adalah komponen penting yang harus diperhatikan. Bahan filter udara standar ada 3 jenis berbahan busa, kertas dengan lapisan oli dan lapisan kertas saja. Untuk filter yang terbuat dari kertas dan dilapisi oli (Viscous Element), bila terkena air dia tidak bisa dibersihkan jadi sebaiknya langsung diganti baru.Sedangkan bila filter udara yang terbuat dari busa, cukup semprot dengan kompresor dan keringkan.

Setelah itu cek bagian kelistirikan ya. Lakukan pemeriksaan tiap kabel-kabel bodi yang ada di motor.Termasuk sambungan kabel atau soket-soket yang ada.Jika sambungan antar kabel basah, keringkan dengan angin bertekanan atau kompresor. Tapi jika tidak, cukup keringkan dengan menggunakan lap kering.

Periksa bak kopling dan oli, bila air sudah merambah masuk ke dalam bak kopling, tentunya harus tempuh menguras habis oli yang tercampur air.Karena jika tidak dilakukan, bisa menimbulkan karat di dalam mesin.Agar air di dalam mesin luntur, bisa gunakan jenis bensin solar.Lebih bagusnya bongkar blok kiri-kanan dan bersihkan secara merata.

Sebenarnya, tak perlu kuatirkan antara CDI dan ECU (Electronic Control Unit) atau ECM (Electronic Control Module), karena biasanya komponen motor ini sejatinya dirancang untuk kedap air. Tapi astikan tiap sambungan soket CDI atau ECM itu kering, caranya bisa dengan menyemprot pakai angin bertekanan.Setelah kering benar, maka silakan untuk menghidupkannya.

Sistem bahan bakar merupakan hal penting yang harus di cek pada motor trail yang terendam banjir. Sistem Bahan Bakar. Perbedaan merawat motor karburator dan injeksi saat kebanjiran cukup berbeda.Untuk perlakuan di motor karburator, baiknya buka dan keringkan mangkok karburator. Untuk throttle body, cukup keringkan soket-soket sensor yang menempel saja.

Nah untuk motor trail injeksi, kami sarankan bawa ke bengkel terdekat ya, karena biasanya motor trail jenis ini memerlukan presisi setting yang dilakukan oleh komputer. Jadi daripada rusak, bawa ke ahlinya saja ya.

comments

`