caption trialgame

Cek Kondisi Shockbreaker Motor Trail yuk

Tuesday, 7 April 2020

 

Layaknya tubuh manusia, motor trail juga memerlukan check up rutin yang harus dilakukan pada beragam komponennya untuk memastikan apakah komponen tersebut masih memiliki performa optimal atau sudah saatnya untuk diganti.

Salah satu perangkat yang harus dicek rutin adalah shockbreaker motor trail, maklum saja jika peredam kejut tunggangan Anda dalam kondisi rusak, maka bukan hanya mengubah performa tapi juga mempengaruhi kesehatan pengendaranya lho. Tidak percaya? Shockbreaker yang dalam kondisi rusak bisa membuat sakit pinggang dan badan cepat pegal saat dikendarai, apalagi jika harus melewati medan offroad yang lintasannya sudah pasti tidak mulus. Bisa-bisa pulang berpetualang, badan pegal semua.

Lalu bagaimana sih cara untuk mengecek apakah shockbreaker motor trail masih layak? Mudah saja sih sebenarnya yaitu, Anda hanya perlu untuk menekan shockbreaker ke bawah, bila cepat alat itu kembali merenggang itu tandanya sudah rusak. Terdengar mudah ya? ternyata teknisnya agak sulit untuk dilakukan karena, karena Anda harus membongkar motor trail Anda dan mencopot shockbreakernya, kemudian baru bisa melakukan pengecekan dengan menekannya.

Tapi jangan khawatir, ada cara lain yang mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang tanpa perlu mencopot dan membongkar motor trail Anda. Cukup tunggangi motor trail Anda melewati jalan berlubang atau yang memiliki rintangan seperti polisi tidur. Jika motor trail tersebut mempunyai kesan berayun dan membal berkali-kali saat melintasi jalan tadi sudah bisa dipastikan bahwa shockbreaker motor tersebut sudah tidak dalam kondisi prima. Apalagi jika banmotor trail anda menyentuh bagian spakbor, maka segera bawa motor tersebut untuk pemeriksaan di mekanik terdekat.

Teliti dulu bagian bagian as shocbreakernya , apakah ada baretan halus. Jika ada itu berati bagian sealnya sobek atau mengalami kebocoran. Jika hal ini terjadi maka, oli shockbreaker akan merembes dan daya pegas menjadi hilang. Hal ini sering terjadi karena kondisi shockbreaker yang kotor. Kotoran yang menempel pada bagian as akan merusak seal karena aktivitas shock breaker yang naik turun.

Untuk mencegah kotoran menempel pada as, tentu segera bersihkan motor trail Anda segera setelah selesai melakukan petualangan. Kotoran kecil jika dibiarkan tentu akan menumpuk dan Anda tentu tidak ingin menyesal karena malas membersihkan motor trail Anda bukan?

Lantas apa yang harus dilakukan? Idealnya tentu adalah mengganti shockbreaker dengan yang baru. Tapi ada juga yang lebih memilih mereparasi komponen ini. Kami menyarankan untuk mengganti shockbreaker dengan yang baru, karena jika direparasi biasanya umurnya tidak panjang dan akan mengalami kerusakan yang sama di waktu yang mendatang. Awalnya ingin hemat, ternyata malah jadi boros karena harus servis berulang kali.

 

comments

`