caption trialgame

Cuci Sampai Kolong, Aman Ngga Ya?

Tuesday, 15 March 2022

Cuci Sampai Kolong, Aman Ngga Ya?


Sebagai komponenyang yang kontak langsung dengan kerasnya jalan, ban motor trail tidak boleh diperlakukan secara sembarangan lho. Terlebih saat membersihkannya. Ternyata penggunakan sabun ke permukaan ban itu tidak dianjurkan lho. Hal ini karena sabun yang mengenai permukaan ban akan membuatnya semakin kaku dan keras. Efeknya tentu akan mengurangi daya cengkram ban terhadap jalanan yang dilaluinya, sehingga ban akan lebih mudah untuk selip atau tergelincir.

Selain itu, ban yang keras akan mudah untuk tergerus oleh aspal. Usia dari ban juga otomatis semakin pendek. Harusnya bisa dipakai selama 1,5 tahun jadinya hanya berumur kurang dari setahun. Nah semua itu hanya karena Anda menggunakan sabun untuk membersihkan ban motor trail Anda.

Lalu sebenarnya gimana sih cara yang benar? Tentunya untuk membersihkan kotoran dari ban motor membutuhkan air. Ya, hanya dengan air bersih saja sebenarnya ban motor Anda bisa terjaga dari kotoran kok. Akan lebih baik jika menggunakan selang yang bisa mengatur tekanan dan daya semprot dari air, sehingga kotoran – kotoran yang berada di sela – sela ulir ban yang sempit bisa terjamah dan bersih kembali. Setelah itu keringkan ban dengan menggunakan lap ya dan hindari sinar matahari secara langsung karena akan berdampak pada karet ban motor Anda.

Oh iya selain menyiramkan air, menggunakan sikat juga diperbolehkan lho. Toh yang gak diperbolehkan tadi hanyalah menggunakan air sabun. Jadi gak akan ada masalah jika menyikat ban motor yang pastinya bakal membantu menjangkau kotoran – kotoran dan membuang kerikil kecil di sela – sela ulir ban.

Nah agar ban kembali kinclong kami saranka untuk menggunakan silicon murni ya.  Sebenarnya sih banyak cairan semir ban yang beredar di pasaran dan bahan dasaranya juga silicon murni, tapi biasanya dicampur dengan beragam cairan lain, yang bisa jadi memiliki dampak buruk bagi ban motor Anda.

Jika Anda menggunakan silicon sih sudah pasti hasilnya di ban motor akan bagus banget. Hitamnya ban motor gak hanya sekedar hitam. Silicon akan memberikan kelembaban yang pas di ban motor sehingga nantinya ban motor akan berfungsi secara baik. Ternyata bersihin ban motor ada rumusnya juga ya.

 

comments

`