caption trialgame

Cuma Besi, Tapi Standar Perlu Perawatan Juga Lho!

Wednesday, 12 May 2021

Cuma Besi, Tapi Standar Perlu Perawatan Juga Lho!


Hampir sebagian besar motor trail hanya memiliki satu standar yaitu, standar samping. Layaknya komponen yang ada pada motor trail, standar ternyata beresiko juga terkena masalah lho. Dan biasanya penyakit yang paling sering menghinggapi standar adalah karat.

Jika standar motor berkarat, standar akan sulit untuk diturunkan maupun dinaikkan. Bahkan, bisa standar yang karatan juga bisa jadi mudah patah, terutama kalau ada karat di bagian pernya. Ada beberapa langkah rahasia yang bisa dilakukan sendiri untuk menjaga kondisi standar sepeda motor agar selalu terbebas dari karat.  Apa saja langkah-langkah yang bisa diterapkan demi menjaga keapikan standar motor? Simak tips di bawah ini ya.

Yang pertama adalah rutin rutin mencuci motor, termasuk bagian standarnya. Hal ini wajib dilakukan jika Anda selesai melakukan trabasan atau terekan hujan. Hujan bisa membuat kotoran makin mudah menempel dan semakin lama mengendap, kotorannya bisa makin menempel dan tambah susah dibersihkan.

Setelah itu gunakan cairan anti karat dengan cara menyemprotkannya pada bagian per agar tidak mudah korosi. Jangan lupa juga untuk lumasi bagian as agar standar tidak seret saat dipakai. Perhatikan kondisi per standar motor. Jika standar terayun saat melewati jalan tidak rata, itu berarti per sudah melemah dan per standarnya harus diganti.

Perhatikan as standar yang rawan berkarat akibat debu atau percikan air kotor di jalan. Jika terus kotor, as standar bisa terkunci karena susah diputar. Jika as standar bengkok atau berkerak sehingga jadi susah dicopot, disarankan untuk membawa motornya ke bengkel bubut.

Untuk mengantisipasinya, bersihkan as standar dengan air bersih bertekanan dan bei pelumas jika motor habis kehujanan. Di luar kondisi ini, as standar tetap perlu dilumasi setiap tiga atau enam bulan sekali.

comments

`