caption trialgame

Daftar Perawatan Wajib Motor Trail

Wednesday, 9 September 2020

Daftar Perawatan Wajib Motor Trail


Bagi Anda yang suka trabasan , kesiapan motor trail menjadi sarat mutlak yang wajib diperhatikan. Jika tidak, jangan heran bila performanya tidak sesuai dengan harapan. Apalagi kondisi jalan yang dilewati berlubang, berlumpur, berbatu dan berpasir, tunggangan Anda harus benar-benar prima. Nah kami memberikan tips bagi Anda dalam merawat dan menyiapkan motor trail agar selalu prima saat digunakan berpetualang. Simak terus ya.

Bagi para off roader, berkendara dengan sering membuka dan menutup handle gas merupakan hal yang lumrah sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui. Karakter seperti itu membuat kinerja mesin lebih maksimal dan cepat panas sehingga oli mesin atau pelumas lebih mudah menguap.Karena itu, disarankan menggunakan oli mesin dengan tingkat keenceran yang tinggi.

Jangan lupa untuk melakukan pergantian oli mesin. Jika sering diajak trabasan, Andar harus lebih sering melakukan pengecekan dengan cara melihat stik level oli mesin apakah masih sesuai dengan standar ketinggian oli atau kurang. Jika ada dibatas bawah, maka tambahkan oli baru sampai dengan batas tengah.

Permainan gas merupakan hal sering dilakukan pada dunia off road. Setingan throttle gas atau tuas gas menjadi perhatian lebih bagi para off roader. Untuk mendapatkan tarikan motor yang responsif, para rider dapat mempertahankan jarak bebas tuas gas 2-6 mm.Hal serupa dengan handle kopling. Permasalahan yang biasa terjadi adalah kopling slip pada dunia off road maupun on road. Hal ini dapat dicegah dengan cara menjaga jarak main bebas kopling sebesar 10-20 mm dan hindari penggunaan setengah kopling bersamaan putaran handle gas yang tinggi.

Pencinta off road pasti sering mengalami gesekan pada rantai roda. Hal ini akibat hausnya rantai roda itu sendiri maupun swing arm kendaraan Anda. Rantai roda yang kendor dapat mengenai secara langsung swing arm motor. Lakukanlah pengecekan pada drive chain slider bagian depan dan belakang dari swing arm motor, serta lakukan pengencangan pada rantai roda Anda sebelum bermain off road.Oh iya, jangan pernah mencuci rantai roda dengan minyak sembarangan namun cukup lumasi dengan chain lube untuk menjaga kehausan rantai roda.

Pastikan untuk selalu mengcek kondisi rim Lock atau stopper ban. Perangkat ini merupakan sebuah perangkat mekanis yang berfungsi mengunci velg antara ban dalam dan ban luar, khususnya saat ban dalam keadaan pengurangan tekanan angin.Hal ini dapat berpotensi mengakibatkan slipnya ban dalam dan robeknya pentil ban kendaraan Anda.

Mengendarai motor trail sudah pasti bakal sering melakukan manuver loncatan, oleh karena itu Anda juga harus sering melakukan pengecekan pada steering stem dengan cara mencoba kelancaran dari steering kemudi, saat belok ke kanan maupu ke kiri.Jika steering stem kendaraan pada off roader mengalami seret atau terlalu kendor saat manuver berbelok, segera kunjungi mekanik langganan Anda. .

comments

`