caption trialgame

Dasar Dasar Berkendara ATV

Wednesday, 15 March 2023

Dasar Dasar Berkendara ATV


ATV atau All Train Vehicle mirip sepeda motor. Posisi duduknya ada tangki yang dijepit kedua kaki, lalu setangnya pun menjulang persis motor kebanyakan. Tapi kendaraan jenis ini punya beberapa perbedaan mendasar saat mengendarainya. Apalagi, kini makin banyak tempat-tempat rekreasi out door yang menyediakan kendaraan ATV selain peruntukan lainnya sebagai kendaraan segala medan di area pertanian dan pertambangan.

Tapi banyak yang salah kaprah nih jika menganggap mengendarai ATV sama dengan motor biasa. Padahal tekniknya berbeda dan sudah pasti memerlukan adaptasi terlebih dahulu. Simak tips dasar mengendarai ATV berikut ini ya.

Yang pertama, biasakan dahulu mengoperasikan gas bukan dari selongsong di setang, tapi dengan tuas yang ditekan jempol. Biasanya awal-awal akan kagok, tapi lama-lama juga terbiasa. Apalagi hampir sebagian besar tempat rekreasi ATV biasanya menyediakan lahan untuk latihan terlebih dahulu. Oh iya,  Gas yang dikendalikan menggunakan jempol ini ada hubungannya dengan safety. Ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjatuh, bisa dengan cepat dilepas dan gas tidak terbuka.

Lalu posisi menikung juga penting. Jangan samakan dengan sepeda motor biasa yang ketika menikung ke kanan, motor miring ke kanan dan badan juga akan condong ke kanan. Begitu juga sebaliknya. mengendarai ATV malah sebaliknya, ketika belok dan motor miring ke arah tertentu, posisi badan harus melawan kemiringan motor, bukan mengikuti. Fungsinya agar ATV tidak terbalik. Misalnya ketika belok kanan, maka motor akan miring ke kiri. Jangan ikuti kemiringan yang ke kiri tapi lawan dengan mencondongkan badan ke kanan. Perlakuan ini juga berlaku ketika melewati jalan terjal atau yang tidak sepenuhnya rata. Posisi badan harus selalu melawan arah miringnya motor. Ini yang harus diperhatikan, salah-salah ATV yang dikendarai bisa terbalik.

Dan jika memang Anda dalam kondisi yang tidak bisa menghindarkan ATV terbalik, jangan pernah turunkan kaki untuk menahan ATV ya. Bobot ATV yang bisa melebihi 200 kilogram akan membuat kaki Anda cedera jika berusaha menahannya, jadi lebih baik lepaskan, dan langsung lompat menjauh saja. Nah demikian tips dasar berkendara ATV, untuk tips lanjutan trabasan menggunakan ATV, kami akan bahas di artikel selanjutannya ya.

comments

`