caption trialgame

daya penglihatan wajib diperhatikan saat hujan!

Tuesday, 18 October 2022

Perhatikan Kondisi Helm Saat Musim Hujan


Musim hujan tiba, itu artinya Anda yang menggunakan motor trail secara harian harus melakukan persiapan ekstra agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu oleh guyuran hujan. Butuh persiapan dan perlengkapan yang jauh lebih banyak jika hendak riding atau berkendara motor di musim hujan.  Selain jas hujan, helm juga harus diperhatikan karena dalam keadaan kering saja helm adalah faktor keselamatan kala riding.

Namun kondisi helm untuk melibas hujan deras juga harus diperhatikan, khususnya menghindari kebocoran.  Jika terjadi kebocoran, jelas akan tidak nyaman membuat kepala menjadi basah, padahal memakai helm.  Belum lagi tetesan air yang berada di bagian dalam visor, tentu saja mengganggu pengelihatan dan mengurangi aspek keselamatan.

Nah jika Anda mengalami masalah tadi coba cek karet-karet di area sekitar visor, apakah ada pergeseran atau mungkin terkelupas, jadi rawan bocor. Jika memang kondisinya sudah terkelupas sebaiknya segera diganti karet-karet tadi ya. Dan Kalau saja terjadi kebocoran di area lain, cek bagian ventilasi-ventilasi terlebih dahulu karena bisa saja air masuk karena lupa menutup area ventilasi. 

Jika dirasa masih ada kebocoran, coba cek bodi helm, mungkin ada bagian yang retak dan butuh perbaikan. Setelah helm digunakan saat berkendara menerobos hujan, ada baiknya jangan langsung dimasukan ke bagasi atau ke dalam sarung helm.  Taruh di posisi terbalik atau, sehingga udara akan lebih leluasa masuk ke dalam bagian helm.  Jika perlu, bisa dikeringkan menggunakan hair dryer atau blower dan disemprotkan parfum khusus helm

Oh iya satu lagi tentang helm di musim hujan. Biasanya ada hal yang mengganggu saat berkendara di musim hujan yaitu kaca helm yang berembun. Embun datang dari perbedaan suhu di luar dan di dalam helm, kala suhu di luar lebih dingin daripada di dalam helm karena hembusan karbondioksida.

Meski demikian, ada jurus jitu agar kaca helm atau visor tidak berembun dengan melakukan beberapa trik ini. Biasanya helm memiliki sirkulasi udara. Saat kondisi sedang hujan, pastikan ada sirkulasi udara yang terbuka agar perbedaan suhu udara dalam helm dan di luar tidak terlalu jauh. Pasalnya, kabut yang tercipta di kaca helm umumnya disebabkan perbedaan suhu yang tinggi antara di luar dan dalam helm. Bisa juga dengan sedikit membuka visor helm, namun hal ini akan berisiko ada air hujan yang masuk.

Cara yang paling efektif untuk mengatasi embun ketika berkendara adalah dengan memasangkan plastik antifog, contohnya bermerek pinlock di kaca helm. Anti-fog bekerja dengan cara menjaga suhu udara pada ruang antara kaca dengan lapisan dari pinlock ini tetap stabil. Nah cara paling mudah dan murah untuk mengatasi visor helm bebas dari embun saat hujan adalah dengan melapisi cairan shampoo atau pembersih rambut. Cairan sampo dioleskan ke seluruh bagian dalam visor helm, tanpa menggunakan air ya, sehingga tidak berbusa. Setelah itu dibiarkan kering karena angin dan setelah itu bisa langsung dipasangkan ke helm.

 

comments

`