caption trialgame

Deteksi Dini Getar Berlebih Pada Motor Trail

Tuesday, 10 March 2020

 

Mesin motor trail, apalagi yang memiliki CC besar, lumrah menghasilkan getaran. Getaran muncul karena ada proses pembakaran di ruang bakar yang menyebabkan piston naik dan turun. Namun getaran pada mesin motor trail juga punya batas kewajaran.

Jika motor trail Anda terasa bergetar kencang saat langsam maupun sedang digas tinggi, maka ada indikasi terjadi masalah. Penyebabnya pun beragam, dimulai dari body motor trail yang kurang kencang, velg yang bengkok, hingga part motor yang sudah aus dan berkarat.

Biasanya ketika motor trail masih bergetar pelan, itu tidak akan menjadi masalah secara langsung namun akan memicu getaran yang lebih keras. Sebelum Anda berasumsi yang tidak-tidak, kami sarankan untuk memeriksa seluruh kekencangan mur dan baut motor trail.

Fungsi dari baut dan mur ini tentu untuk mengencangkan antar komponen pada motor. Penyebab pertama yang harus Anda cek adalah kekencangan baut dan mur. Baut dan mur yang kurang kencang akan membuat bagian-bagian disekitar baut dan mur tersebut menjadi bergetar saat diterpa angin maupun goncangan mesin motor.

Cobalah untuk mengencangkan baut dan mur pada motor Anda atau jika memungkinkan, gantilah dengan baut dan mur yang baru. Bagian-bagian yang rawan getaran adalah bagian baut mesin, knalpot, footstep maupun bagian body dan leher kemudi.

Jika mur dan baut dirasa aman, dirikan motor trail Anda dengan stand penyanga atau standar tengah putar roda atau velg apakah bengkok atau tidak. Memutar velg pada ban motor trail akan mengetahui apakah itu penyebabnya atau bukan. Ban yang oleng atau tidak lagi lurus saat bdrputar merupakan penyebab motor bergetar. Bawalah ke tukang stel velg untuk diperbaiki, atau jika kondisinya sudah parah maka mengganti velg merupakan solusnya.

Klaher roda juga bisa menjadi penyebab motor bergetar keras. Klaher yang longgar atau yang sudah rusak menyebabkan stang motor trali menjadi bergetar kuat dan mudah bergerak. Jika setelah dicek klaher ternyata masih bagus, mungkin hanya perlu membersihkannya dengan bensin. Namun jika di rasa sudah longgar sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Biasanya pemeriksaan tiga hal di atas sudah bisa mendeteksi penyebab getaran berlebih pada motor trail, namun jika ternyata masalahnya masih berlanjut, kami sarankan untuk membawa ke bengkel terpercaya karena bisa jadi ada masalah pada bantalan crank shaft yang aus atau rumah kopling yang sudah longgar. Masalah ini hanya bisa ditangani oleh mekanik yang sudah berpengalaman ya, jangan mencoba untuk membongkar sendiri.

 

 

comments

`