caption trialgame

Dilema Suara Bising Motor Trail

Tuesday, 7 July 2020

Dilema Suara Bising Motor Trail


Kendati mengendarai motor trail banyak digemari orang, tidak sedikit juga yang membenci tunggangan kesayangan kita. Beragam alasan dilontarkan namun yang paling utama adalah bisingnya suara yang dihasilkan oleh motor trail.

Bisa dibilang hampir setiap motor trail memiliki suara yang memekakan telinga, apalagi jika motor tersebut sudah dipasangi knalpot free flow. Pemasangan knalpot free flow memang efektif untuk mengangkat perfoma mesin tanpa melakukan pembongkaran. Tapi hal ini juga menjamin Anda banyak dikutuk orang saat melakukan offroad apalagi ketika melewati perkampungan penduduk setempat.

Memang biasanya knalpot bawaan pabrik dari motor trail memiliki suara yang bising, tak heran jika kemudian beberapa produsen knalpot third party seperti FMF atau Pro Circuit, berlomba-lomba mengeluarkan produk yang suaranya tidak terlalu keras, namun tenaganya meningkat dahsyat.

Tapi sayangnya masih banyak pengendara motor trail di Indonesia yang menganggap bahwa suara knalpot yang menggelagar bagai halilintar dianggap keren dan gaya. Parahnya lagi ada pemikiran bahwa kalau mau meningkatkan tenaga motor itu wajib suara knalpotnya dibedah sehingga terdengar keras. Memang sih suaranya jadi keras, namun tenaganya belum tentu bertambah. Seringkali suara motor terdengar meraung-raung, bahkan dari kejauhan sudah terdengar, namun ternyata ketika motornya muncul, jalannya pelan.

Memakai motor trail dengan knalpot yang bising bukan hanya mengganggu lingkungan sekitar, namun kurang nyaman juga bagi pengendaranya. Jika offroad yang panjang, dari pagi hingga sore, dengan suara knalpot yang bising itu terasa kurang nyaman di telinga. Telinga terasa pekak, sehingga berulang kali harus menelan air ludah untuk menghilangkan pekak di telinga.

Lantas apa dong yang harus dilakukan? Salah satu cara adalah dengan memasang DB killer. DB killer berfungsi untuk mengurangi tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh knalpot racing. Pemasangannya di bagian ujung silencer. Dari lubang knalpot racing yang besar, ditutup menjadi kecil lubangnya. Tapi biasanya pemasangan DB Killer memiliki efek samping yaitu tenaga yang dihasilkan akan berkurang. Biasanya pengurangannya berkisara antara 10 persen sampai 20 persen namun semua tergantung jenis model dB killer yang digunakan juga.

Nah jika Anda tidak turun dalam arena kompetisi, rasanya angka penurunan performa seperti itu tidak akan memberikan pengaruh signifikan ya. Tapi yang jelas kegiatan motor trail akan menjadi lebih ramah lingkungan dan jauh dari sumpah serapah.

comments

`