caption trialgame

Discharge Aki Bikin Rugi

Monday, 23 December 2019

Akhir tahun biasanya menjadi masa dimana sebagian besar orang akan menghabiskan waktu mereka dengan liburan, hingga terkadang mengabaikan motor trail kesayangan mereka. Akhirnya motor trail menjadi teronggok hingga beberapa lama dan kemudian timbulah masalah pada motor tersebut.

Salah satu masalah yang bisa muncul adalah aki motor trail menjadi soak atau lemah atau bahkan mati karena motor tidak pernah dinyalakan. Aki motor yang tidak nyalakan akan mengalami kondisi discharge, kondisi ini adalah berkurangnya tegangan listrik pada aki.

Namun sebenarnya aki mempunyai kemampuan untuk menahan dischargenya. Misalnya aki yang masih bagus saat disimpan di motor, masih punya tegangan atau voltase 100%.Setiap minggunya kalau motor tidak mengalami pengisian, aki akan mengalami pengurangan atau discharge 10% sampai 20%.

Dan tahukah Anda bahwa meski motor dalam posisi mati, rupanya masih ada beberapa komponen yang masih mengisap daya dari aki.Misalnya jam elektronik di speedometer atau sensor alarm dan immobilizer. Tidak heran memang jika motor yang sering dipakai bakal punya kondisi aki yang lebih sehat.Aki jadi bersikulasi karena terjadi proses pengisian juga. Listrik yang dihasilkan oleh spul kemudian ditampung di Aki. Dari aki nanti digunakan untuk lampu, klakson, pengapian, nanti diisi lagi oleh spul, terus bersirkulasi.

Tapi kendati sering digunakan juga, ternyata aki motor masih bisa mengalami discharge juga lho. Tapi tidak secepat jika motor tidak pernah digunakan, makanya biasanya umur aki motor yang digunakan lebih awet ketimbang yang tidak pernah digunakan.

Rajin memanaskan mesin motor trail bisa mengurangi risiko discharge pada aki dan ini juga berlaku pada aki kering lho. Jadi jangan lupa untuk memanaskan mesin motor trail Anda secara berkala ya.

comments

`