caption trialgame

Duh Aman Gak Ya Press Velg Peyang

Tuesday, 17 October 2023

Duh Aman Gak Ya Press Velg Peyang ?


Mengendarai motor trail di lintasan offroad memang seru banget ya guys, adrenaline dijamin meningkat pesat saat menarik gas dan menghajar beragam handicap saat trabasan. Nah tapi hati-hati ya, kadang terlalu bersemangat menghajar lintasan trabasan bisa berdampak langsung pada motor trail Anda lho. Biasanya yang paling pertama terkena dampaknya adalah velg motor trail.

Velg motor trail rentan menjadi peyang atau penyok, karena Anda terlalu bersemangat menghajar handicap. Cara melompat serta mendarat yang tidak benar juga bisa membuat usia pakai velg menjadi lebih singkat, ketimbang motor trail yang digunakan untuk kegiatan harian saja.

Kondisi velg motor yang sudah peyang alias penyok sebaiknya segara diperbaiki dengan cara di-press bila belum ada bujet untuk membeli velg baru. Harga press velg peyang sebenarnya relatif terjangkau. Durasi perbaikan velg peyang sebenarnya cukup cepat. Namun bisa juga lebih lama, tergantung tingkat keparahan velg yang akan diperbaiki.

Biasanya, pengerjaan press velg peyang memakan waktu sekitar satu jam bila kerusakannya tak terlalu berat. Velg yang peyang sendiri bisa dikategorikan menjadi dua jenis lagi terkait kerusakannya. Pertama, velg peyang yang 'speleng' dan velg peyang yang 'bengkang'. Kondisi 'speleng' membuat durasi perbaikan menjadi lebih lama karena perlu dicari titik yang membuat velg tidak rata.

Nah, untuk harga perbaikannya, memang bervariasi tergantung jenis apa motornya. Termasuk apakah konsumen hanya membawa velg yang ingin diperbaiki (copotan) atau turut serta membawa motornya dan melakukan bongkar pasang velg di tempat. Harga perbaikan bila membawa velg copotan lebih murah. Sedangkan bila bongkar pasang lebih mahal karena menambah biaya jasa.

Adapun velg motor yang sudah peyang menyebabkan kestabilannya menurun jauh dan membuat kendaraan roda dua ini tak seimbang. Bila tetap dipaksakan, peyang di velg akan semakin menganga. Bila kestabilan dan keseimbangan motor menurun, pengendara berpotensi mengalami kecelakaan karena beberapa sebab. Misalnya, ban motor bisa selip dan lepas mendadak dari velg yang peyang.

Selain berpotensi menimbulkan kecelakaan, velg yang sudah peyang juga bikin aktivitas berkendara menjadi tidak nyaman. Meski jalan yang dilalui kondisinya mulus, motor akan tetap terasa kasar seolah melewati jalan berlubang. Perlu diingat, velg yang sudah peyang pasti dikarenakan benturan keras seperti tabrakan atau menghantam lubang jalanan dengan kecepatan tinggi. Velg yang sudah peyang akan mengalami perubahan konstruksi dan struktur sehingga kualitas velg sudah tidak prima dan tak kokoh lagi.

comments

`