caption trialgame

Duh Komstir Jangan Disepelekan Ya

Tuesday, 10 October 2023

Duh Komstir Jangan Disepelekan Ya


Pernah dengar komponen di motor yang bernama komstir kan ? Komstir terletak di bagian batang stir motor, lokasi lebih tepatnya antara segitiga atau fork.Fungsi utama untuk melancarkan dan menstabilkan bagian kemudi setang motor. Selain itu, fungsinya juga bisa meminimalisasi getaran saat melalui jalan rusak.  Komstir memang penting untuk kenyamanan berkendara karena bisa membantu meredam getaran, selain shock breaker.

Tidak heran jika kemudian komstir menjadi salah satu komponen penting pada motor. Pasalnya, kondisi komstir motor cukup terasa pada kenyamanan saat berkendara dan berkaitan dengan keselamatan berkendara.  Meski komstir motor tak berpengaruh pada performa mesin, bila komponen ini sudah rusak dan perlu diganti maka sebaiknya segera dilakukan.

Komstir yang sudah mulai rusak biasanya menimbulkan sejumlah gejala. Biar makin awas, maka kami bakal jelaskan nih beragam gejala yang biasanya terjadi jika komponen ini mulai berfungsi tidak optimal.

Gejala pertama komstir motor mulai rusak yakni muncul getaran di bagian setang. Pada umumnya, getaran ini akan terasa ketika motor melaju dalam kecepatan tinggi. Sebagai informasi, getaran karena komstir rusak dengan getaran akibat roda memiliki perbedaan. Biasanya, getaran akibat komstir rusak akan terasa begitu kencang dan membuat motor menjadi kurang stabil.

Dalam sejumlah kasus, ada pengendara yang mengeluh kesulitan saat melewati belokan di jalan raya. Alasannya karena setang terasa berat sehingga susah untuk dibelokkan.Jika hal ini sudah terjadi, bisa saja merupakan tanda bahwa komstir sudah rusak. Selain berat, handling motor juga terasa kaku sehingga menyulitkan pengendara bermanuver di tengah kemacetan.

Gejala lain yang mengindikasikan komstir mulai rusak adalah muncul bunyi 'glutuk' di bagian setang. Umumnya, bunyi yang kasar itu terdengar saat melakukan pengereman, terutama menggunakan rem depan. Bunyi 'glutuk' itu juga terdengar saat melibas jalanan yang kurang rata atau bergelombang. Hal ini biasanya disebabkan karena sejumlah peranti mulai aus atau kendor.

Saat melakukan pengereman dan terasa seperti rem blong, bisa jadi hal tersebut karena ada kerusakan di bagian komstir. Sebab, kondisi komstir yang rusak menyebabkan adanya gap atau jarak saat melakukan pengereman, umumnya terjadi saat menggunakan rem depan. Hal ini tentu sangat berbahaya. Karena tak hanya menghilangkan kenyamanan berkendara, namun juga berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Adapun beberapa faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada komstir seperti sering menghajar jalan berlubang atau rusak dengan kecepatan tinggi, komstir kurang dirawat hingga menumpuk kotoran di bola-bola bearing, dan sudah termakan usia pemakaian. Itu sebabnya, ada baiknya kondisi komstir dicek setiap 4.000 km guna memastikan apakah kondisinya masih bagus atau sudah perlu diganti.

comments

`