caption trialgame

Duh Segera Cek Komponen ini Jika Motor Trail Jatuh

Monday, 23 October 2023

Duh Segera Cek Komponen ini Jika Motor Trail Jatuh


Rasanya sih hampir semua pemilik motor trail pernah terjatuh, baik itu yang menggunakannya untuk kegiatan harian, atau trabasan di akhir pekan. Jatuhnya motor trail dapat mengakibatkan kondisi si kuda tunggangan Anda masalah sehingga performanya menurun. Ada sejumlah hal yang kemungkinan rusak apabila motor terjatuh. 

Yang pertama biasanya panel bodi pecah atau bagian bodinya bengkok. Kalau mengalami benturan kencang, biasanya (terjadi) masalah pada bagian depan motor trail Anda. Masalah pada bagian motor depan, papar Eko, terjadi pada setang, segitiga dan garpu suspensi.

Pada motor trail, komponen segitga ini punya fungsi penting karena sebagai penghubung setang dan garpu suspensi depan. Bila bermasalah bisa membuat posisi garpu kiri dan kanan tidak sejajar.  Kemudian periksa bagian kemudi motor trail. Pastikan bahwa kondisi stang kemudi atau bagian segitiga pada motor trail tetap dalam posisi yang simetris dan tepat di tengah. Jika terdapat bengkok atau tanda-tanda miring, segera lakukan perbaikan karena hal ini dapat mengurangi keamanan saat berkendara dan juga mengganggu kenyamanan selama perjalanan.  

Selain itu, komponen lain yang perlu diperiksa adalah velg, ban, bearing, dan komstir. Bearing posisinya di tengah velg roda. Jika rusak, bisa diketahui dengan cara menggoyangkan roda ke kanan dan kiri. Sedangkan komstir penghubung antara segitiga garpu depan dan rangka motor. Jika komstir rusak, biasanya terasa oblak, susah digerakan, kasar dan sulit belok.

Kemudian, pastikan kondisi mesin tidak mengalami kebocoran oli. Hal ini dapat diidentifikasi dengan melihat bagian luar mesin, apakah ada tanda-tanda oli yang keluar dari ruang mesin atau apakah ada bagian mesin yang mengalami rembes atau berlubang. Jika terdapat tanda-tanda oli yang keluar dalam jumlah yang signifikan akibat bocor, sebaiknya menghindari penggunaan motor trailtersebut. Kebocoran oli bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada ruang bakar mesin motor trail dan dapat memperburuk keadaan.  

Selain itu, Anda juga harus memeriksa komponen elektrikal pada motor. Ketika terjatuh, pengendara sebaiknya segera mematikan mesin motor. Jika motor trail dilengkapi dengan tombol "engine off," tombol ini harus segera dimatikan. Tindakan ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan korsleting listrik dengan bahan bakar seperti bensin yang bisa menyebabkan kebakaran.

comments

`