caption trialgame

Efek Buruk Oli Mesin Motor Trail Kering

Wednesday, 24 April 2024

Efek Buruk Oli Mesin Motor Trail Kering


Oli merupakan komponen krusial pada motor trail Anda  yang berfungsi rangkap, baik sebagai pelumas, pembersih, pendingin, dan pelindung mesin motor. Oli yang kering dipastikan akan berdampak buruk pada mesin motor, dan memancing kerusakan serius. Karena itulah oli perlu diganti secara berkala sebelum terlanjur kering dan habis.  

Setidaknya ada 3 hal yang mengakibatkan habisnya oli motor, yang pertama adalah terjadi kebocoran pada seal oli akibat pengisian oli yang melebihi kapasitas dan usia seal yang sudah tua. Kemudian terlalu banyak oli yang terbakar akibat kondisi shielding pada ringpiston yang sudah tidak baik.  Dan yang terakhir adalah oli yang jarang diganti (pemakaiannya terlalu panjang).

Lantas, apa dampak  bagi motor, jika oli terlanjur habis? Sudah pasti bakal timbul getaran dan suara aneh dari mesin motor trail Anda. Sebagai pelumas mesin, ketika oli kotor atau kering, maka mesin harus bekerja lebih keras. Hal ini akan mengakibatkan gesekan yang besar, sehingga menimbulkan getaran dan suara yang tidak nyaman dari motor.

Ketika mesin bekerja lebih keras akibat keringnya oli, mesin akan membutuhkan tenaga yang lebih besar, sehingga mengakibatkan pemborosan pada bahan bakar. Oli juga berperan penting dalam menjaga daya tahan dan keawetan mesin. Oleh karena itu, terlambat mengganti oli bisa memendekkan usia mesin motor. Jika hal ini terjadi, pemiliknya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaiki berbagai komponen yang terdampak

Oli yang mulai kering akan meningkatkan friction coefficient antara ring piston dan dinding silinder, sehingga mengakibatkan panas pada ruang bakar. Hal ini akan berujung pada akumulasi panas yang berlebihan (overheat). Overheat akan mengakibatkan piston terkunci, di mana piston over ekspansi daripada ekspansi silinder, yang merupakan kondisi yang cukup buruk. Idealnya, ekspansi piston tidak boleh lebih besar daripada ekspansi silinder.   Oh iya keringnya oli membuatnya tidak bisa terdistribusi dengan baik, sehingga ring piston ikut mengering. Hal ini akan mengakibatkan matinya mesin motor secara mendadak sekalipun bensin masih terisi penuh.

Jika Anda masih ngeyel juga siap-siap motor trail Anda bakal turun mesin ya. Seperti diketahui, biaya untuk memperbaiki motor yang turun mesin cukup besar. Bahkan jika kerusakannya parah, maka wajb mengeluarkan biaya  sampai jutaan rupiah.

comments

`