caption trialgame

Efek Musim Kemarau Pada Motor Trail!

Tuesday, 9 May 2023

Efek Musim Kemarau Pada Motor Trail


Musim kemarau tampaknya bakal menghiasi hari-hari Anda untuk beberapa bulan ke depan. Ternyata musim kemarau memiliki dampak pada motor trail Anda lho. Ada beberapa bagian yang harus diperhatikan saat tunggangan Anda terpapar sinar matahari. Dampaknya mungkin tidak langsung tapi jika dibiarkan akan berpengaruh pada usia pemakaian serta tingkat perfoma. Apa saja sih bagian-bagian itu? Kita simak ulasannya ya.

Yang pertama tentu saja adalah tekanan udara ban motor trail.Suhu panas dapat menyebabkan tekanan udara dalam ban berubah-ubah sehingga kenyamanan dalam berkendara menjadi berkurang. Selain itu dapat mengakibatkan tekanan ban berubah-ubah setiap saat. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan pengecekan kondisi tekanan ban sesering mungkin atau setidaknya sebelum berkendara. Jangan lupa sesuaikan tekanan ban dengan lintasan medan yang akan dihadapi ya.

Oh iya kondiisi fisik ban juga jangan luput dari perhatian. Ban motor yang terkena suhu panas yang terus menerus  dapat mempercepat penurunan kualitas ban seperti tekstur ban yang terlihat pecah-pecah atau getas. Apabila tekstur ban sudah terlihat retakan yang besar atau terlihat pecah-pecah, kami sarankan untuk segera menggantinya agar kenyaman dan keamanan berkendara tetap terjaga.

Saat kondisi panas berkepanjangan, Anda juga perlu memeriksa kondisi bearing roda atau yang sering disebut dengan laher. Selain sering melewati jalanan yang rusak, suhu panas juga dapat mengakibatkan pelumas bearing dan seal mengeras akibat memuainya kedua komponen tersebut. Bagaimana cara mengeceknya? Cukup putar roda, jika tidak berputar secara halus dan terdengar bunyi, maka sudah saatnya mengganti dengan bearing yang baru.

Udara panas yang menyengat juga dapat menyebabkan pelumas pada rantai bisa mengering dengan lebih cepat sehingga kerja rantai tidak halus. Kinerja rantai dapat berkurang, rantai akan cenderung akan mengeluarkan bunyi kasar saat bekerja dan rantai dapat menjadi kaku. Lakukan pemeriksaan dan perawatan berkala, seperti melumasi rantai dengan Chain Lube yang direkomendarikan, serta atur kekenduran rantai yang tertera pada stiker swing arm motor.

Yang terakhir tentu adalah bodi motor trail itu sendiri. Bodi motor trail sebagian besar terdiri dari plastik sehingga jika terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang terus menerus dapat menyebabkan penurunan kualitas warna bodi motor. Untuk menjaga agar tidak terjadi, cucilah motor secara rutin dengan menggunakan sabun khusus kendaraan bermotor terpercaya yang dijual di pasaran.

 

comments

`