caption trialgame

Effort Lebih Merawat Motor Trail Doff

Tuesday, 4 October 2022

Effort Lebih Merawat Motor Trail Doff


Produsen motor trail kian ramai menyerbu pasar otomotif tanah air, masing-masing memiliki inovasi yang membedakan dari lainnya. Nah salah satu hal pembeda yang ditawarkan adalah warna. Memang tidak banyak motor trail yang menggunakan warna doff atau matte, tapi ternyata jenis warna ini paling digemari lho karena terlihat lebih elegan dan eksklusif ketimbang opsi metallic maupun glossy.

Namun perlu Anda ketahui, kelir bodi doff berbeda dengan cat glossy yang secara perawatan lebih mudah. Sebagai pemilik harus memahami apa yang boleh dan tak boleh dilakukan agar kondisi warna tetap terjaga.

Sebagai contoh, motor dengan warna jenis doff tak boleh sembarang poles karena berpotensi menurunkan kualitas catnya. Lantas, bagaimana cara perawatan yang benar agar cat jenis doff tetap dalam kondisi prima ?

Yang pertama  tentus saja hindari motor terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Ini kebiasaan yang salah bagi para pemilik motor dengan jenis doff karena bisa menurunkan kualitas cat sehingga berpotensi memudar. Maka dari itu carilah lokasi parkir yang aman dari sinar matahari langsung.

Kemudian saat mencuci motor trail Anda, jangan menggunakan  sabun yang mengandung deterjen seperti sabun cuci piring dan baju. Sabun jenis ini memiliki sifat asam yang bisa membuat cat dua kali lebih cepat memudar dibanding cat motor jenis metallic.

Untuk diketahui umumnya jenis cat doff tak dilapisi zat pernis atau menggunakan pernis khusus doff yang tak sekuat metallic. Pilihlah sabun cuci kendaraan yang memiliki pH netral, seperti shampo khusus motor atau mobil.

Kemudian gunakanlah kain microfiber dan spons yang lembut saat mencuci motor, agar tak menimbulkan baret di bagian bodi. Sebab jika terjadi baret akibat gesekan dengan kotoran yang keras, jenis cat doff cukup sulit untuk diperbaiki. Oh iya jangan pernah mencuci motor di bawah sinar matahari langsung. Terik matahari akan mengakibatkan sabun atau shampo motor langsung mengering dan menimbulkan cat motor doff lebih cepat memudar dan berjamur.

Dan bila akhirnya terdapat noda atau bercak di permukaan cat sebaiknya dibersihkan pakai water spot remover. Caranya dengan menyemprotkan cairan itu kemudian lap bodi motor secara perlahan dan sedikit ditekan hingga noda menghilang.

Untuk kasus baret atau terjadi goresan pada bodi berwarna doff sejatinya bisa dan boleh dipoles. Namun hindari penggunaan cairan pemoles dengan bahan dasar minyak karena dapat membuat cat doff jadi mengkilap. Sebaiknya gunakan cairan pemoles dengan bahan dasar air (water based). Apabila motor sudah mengalami baret dalam, tidak bisa dipoles seperti halnya pada cat metalik. Solusinya adalah dengan pengecatan ulang atau mengganti panel bodi. Pengecatan juga tidak bisa hanya pada area yang baret melainkan satu panel agar tak terlihat perbedaan warna. Jadi rawat dengan baik ya motor trali Anda.

comments

`

Itu body set KTM type apa min?