caption trialgame

Enak Trabasan di Cuaca Panas Esktrem

Tuesday, 31 October 2023

Enak Trabasan di Cuaca Panas Esktrem


Musim kemarau tampaknya masih belum akan berakhir dalam waktu dekat. Kendati sudah beberapa kali hujan sempat turun di beberapa lokasi di Indonesia, tapi hampir sebagian besar wilayah Indonesia saat ini dilanda cuaca panas yang cukup ekstrem. Nah hal ini tentu bakal berpengaruh jika Anda memutuskan untuk melakukan kegiatan trabasan.

Saat Anda trabasan di  musim panas yang ekstrem, ada dua hal yang akan menjadi tantangan terberat yaitu suhu dan kelembaban. Ketika berada diatas motor trail dengan segala perlengkapan keamanan, Anda akan merasa seperti berada didalam sebuah selimut panas yang basah. Tingkat kelembaban udara yang tinggi akan membuat Anda tetap merasa tidak nyaman, walaupun ada angin yang menerpa sela-sela ventilasi baju yang Anda gunakan. Ditambah lagi dengan panasnya udara di dalam helm, akan membuat keringat mengucur membasahi pelindung helm serta membuat buram kacamata goggle.

Saat hal di atas terjadi, tubuh biasanya akan mengirimkan darah lebih banyak di area kulit untuk mendinginkan suhu tubuh dan  konsekuensinya adalah otot Anda akan kekurangan asupan darah dan detak jantung mulai naik.

Tubuh Anda akan mulai merasakan stress, karena keringat yang terus mengucur. Hal ini juga akan membuat suhu tubuh menjadi lebih tinggi lagi. Dan ketika semua ini terjadi, hanya satu yang ada dipikiran Anda yaitu beristirahat. Jadi apa saja sih yang bisa dilakukan untuk menghindari terjebak udara panas dan kelembaban yang tinggi ketika mengendarai motor trail?

Pertama, Anda bisa mendinginkan badan terlebih dahulu sebelum berpetualang. Tubuh akan mampu beradaptasi dengan udara panas, jika sebelumnya dalam keadaan dingin. Jika memungkinkan, sebelum berpetualang tetap berada diruangan yang memiliki AC, jika tidak ada ruangan,  Anda bisa tetap berada di dalam mobil sambil mendinginkan tubuh. Berendam di air dingin juga amat membantu proses ini.

Yang kedua sediakan  pelindung bagian dalam helm cadangan dan kemudian celupkan ke dalam air dingin. Anda akan merasakan manfaatnya ketika, pelindung helm yang anda kenakan sudah mulai terkena keringat dan panas udaranya. Ganti dengan pelindung cadangan yang sudah dicelupkan air dingin tadi.

Trik di atas amat membantu jika Anda merencanakan petualangan yang panjang dan jauh. Bagiamana jika tidak mempunya pelindung cadangan? Bawa helm ekstra bisa menjadi solusinya, tapi sudah pasti akan memakan tempat dan menambah beban bawaan bukan?

Tips terakhir adalah menaruh handuk basah atau jika punya gel cold pack dibawah ketiak dan selangkangan Anda.  Dua tempat ini adalah titik krusial untuk menjaga suhu tubuh Anda.  Jika ada yang terkena heat stroke, paramedis akan menempatkan gel cold pack pada dua tempat tadi untuk menurunkan suhu tubuh.

Namun tentu saja yang terpenting adalah mengetahui batas kemampuan tubuh Anda.  Jika merasa tubuh tidak mampu menahan panasnya udara, kami sarankan untuk segera menghentikan kegiatan bermotor trail, karena akan membahayakan bagi Anda dan orang sekitar.

comments

`