caption trialgame

Fitur Unik Motor Trail Yamaha Terbaru

Tuesday, 24 December 2019

Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya Yamaha merilis motor trail terbaru mereka di Indonesia pada awal Desember lalu. Yamaha WR155R menjadi menjadi pesaing bagi Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L yang sudah ada lebih dulu dan memberikan alternatif pilihan bagi para penggila motor trail di tanah Air.

Masing-masing tentu mengklaim memiliki keunggulan dibandingkan para pesaingnya namun ada sebuah hal unik yang menarik untuk disimak pada Yamaha WR155R, yaitu posisi knalpot yang tidak lazim, yang berada di bagian kiri motor.

Knalpot motor di sebalah kiri memang bukan hal yang aneh, tapi bukan merupakan hal yang biasa, terutama pada motor yang beredar di Indonesia. Peletakan knalpot di sebelah kiri konsepnya sama persi dengan Yamaha WR155R yang dirilis untuk pasar Eropa.

Tentu Yamaha tidak sembarangan untuk memasang knalpot pada bagian yang tidak lazim. Konon kabarnya Yamaha sengaja memasang knalpot WR155R di sebelah kiri agar bisa melepas panas yang lebih baik. Tapi bukan berarti motor lain dengan knalpot di sebelah kanan proses pelepasan panasnya buruk, semua itu tergantung pada konstruksi mesin, sasis, dan banyak pertimbangan lain.

Selain posisi knalpot yang unik di sebelah kiri, juga ada keunikan lainnya pada motor trail andalan Yamaha, yaitu radiatornya ada di sebelah kanan! Memang beda dengan motor-motor trail built up yang pakai dua buah radiator di kanan dan kiri, WR155R tetap pakai satu buah radiator. Hanya saja posisi radiator tidak dipasang horizontal seperti motor sport pada umumnya yang pakai satu buah radiator, melainkan dengan posisi vertikal layaknya motor built up. Tapi ya itu radiatornya cuma ada satu di sebelah kanan doang.

Posisi radiator Yamaha WR155R berada di bagian kanan, tepatnya di balik sayap depan kanan. Radiator posisinya memang dipasang vertikal, tidak horizontal. Posisi knalpot juga di area kiri berbeda dari motor pada umumnya yang ada di kanan. Jadi posisi radiator dan knalpot kami sesuaikan, karena ini menyangkut pelepasan panas di area mesin. Nah ternyata, ini lho alasan mengapa Yamaha memutuskan untuk meletakan knalpot di sebelah kiri. Segala sesuatu ternyata sudah melalui beragam pertimbangan matang dengan mengutamakan unsur teknis serta performa. Jadi patut diapresiasi ya.

comments

`