caption trialgame

Fungsi Gelembung pada Knalpot Motor Trail

Wednesday, 11 March 2020

 

Fungsi awal knalpot adalah untuk meredam hasil ledakan di ruang bakar. Ledakan pembakaran campuran bahan bakar dan udara berlangsung begitu cepat diruang bakar. Ledakan ini menimbulkan suara yang sangat bising. Untuk meredam suara tersebut /gas sisa hasil pembakaran yang keluar dari klep buang tidak langsung dilepas ke udara terbuka. Gas buang disalurkan terlebih dahulu ke dalam peredam suara atau muffler di dalam knalpot.

Baru pada dekade 50an, para mekanik menemukan pendapat bahwa ternyata knalpot dapat difungsikan sebagai penambah tenaga pada Engine. Pada saat itu tepatnya di Jerman ditemukan sistim Chamber yang sering kita lihat pada motor motor bermesin 2-tak.

Hal ini sebenarnya adalah efek turbulensi yang dioptimalkan. Cara kerja dari sistem ini adalah gas buang sisa pembakaran yang berkecepatan dan bertekanan sangat tinggi pada header pipe nya (leher Knalpot) dibuang dan berkumpul di perut knalpot, akibatnya lebih dari sebagian akan balik (efek turbulensi) ke header, membuat tekanan lebih tinggi lagi , menciptakan kompresi baru (yg lebih tinggi) sehingga power up hingga 30% ~ 35 %(untuk 2 tak) dengan hitungan yang tepat. Tenaga mesin bisa naik antara 10 hingga 20% bahkan 30% hanya dengan memakai knalpot high performance yang dirancang khusus dengan tujuan meningkatkan performa secara optimal.

Nah biasanya pada motor trail ada bagian knalpot yang headernya menggembung dan biasanya bagian ini disebut dengan nama megabomb. Megabomb ini bisa mengoptimalkan performa motor, khususnya saat putaran bawah sehingga tarikannya makin nampol.Bagian yang menggembung itu dibuat sebagai tempat berkumpulnya gas buang yang datang dengan kecepatan dan tekanan yang tinggi.

Ruang pada Megabomb yang besar tapi dengan lubang keluar yang kecil ini akan membuat gas buang yang datang dari mesin tak langsung keluar.Melainkan berkumpul dan kembali lagi ke leher knalpot hingga menghasilkan efek turbulensi yang embuat tekanan jadi makin besar lagi.

Pada akhirnya proses tersebut akan mempercepat pembuangan, yang berdampak pada naiknya performa motor khususnya pada putaran bawah.Proses ini menghasilkan efek pembilasan pada saluran gas buang dan menyebabkan udara segar dan tekanan bahan bakar dapat masuk lebih cepat ke ruang bakar (silinder).Otomatis proses pembakaran ini menjadi lebih efisien dan bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar. Oh iya selain itu, megabomb atau perut menggembung tersebut rupanya juga punya fungsi lain.Yakni sebagai peredam suara, sehingga tidak terlalu bising.

comments

`