caption trialgame

Fungsi Vital Cover Radiator Motor Trail

Monday, 20 May 2024

Fungsi Vital Cover Radiator Motor Trail


Pabrikan motor trail terus berinovasi agar produk mereka semakin kompetitif di pasaran. Nah salah satu yang terus mengalami perkembangan adalah teknologi mesin. Hal ini yang membuat sistem pendingin pada motor trail terus berkembang. Dulu, hampir seluruh motor memanfaatkan pendinginan dengan udara namun kini cairan pendingin (water coolant) mulai marak digunakan. Lambat laun, banyak motor trail menggunakan pendingin cairan alias water coolant.

Memang metode pendingin seperti ini banyak digunakan pada motor jenis lain seperti motor matic atau bebek tapi khusus untuk motor trail biasanya posisi penampang radiator berada tepat di atas roda depan dengan ruang terbuka. Tujuannya agar radiator mudah terkena angin. Dengan begitu, suhu cairan yang panas bisa tereduksi dan kembali disirkulasikan menuju mesin.  Adanya radiator pada motor harus diimbangi dengan perawatan yang memadai.

Nah radiator wajib dijaga agar selalu dalam kondisi bersih. Untuk melindungi radiator, Anda bisa menggunakan cover radiator. Cover radiator menjadi salah satu perangkat yang bisa diaplikasikan untuk menunjang kinerja radiator. Selain itu, biasanya posisi radiator dipasang di bagian bawah motor sehingga rawan terkena benturan-benturan kerikil/bebatuan yang dapat membuat sirip-sirip pada radiator bengkok dan rentan kerusakan. Cover radiator juga memiliki fungsi melindungi radiator dari debu dan benturan benda-benda keras yang ada di jalan. Apalagi jika Anda kerap membawa motor trail Anda trabasan nih, perlu banget nih asesoris ini.

Pihak pabrikan selalu sudah memasangkan cover radiator berbahan plastik. Namun kini banyak yang menjual cover radiator aftermrket sebagai bagian dari modifikasi motor.  Dalam memilih cover radiator juga ternyata tidak bisa asal sekadar terlihat keren atau pas saja.

Juga harus memilih cover radiator dengan lubang-lubang yang cukup lebar agar sirkulasi udara panas bisa terbuang. Pun memberikan aliran udara segar untuk membuat radiator tidak panas. Jika dibiarkan, hal itu akan membuat suhu mesin motor jadi tinggi.Pun memberikan aliran udara segar untuk membuat radiator tidak panas. Jika dibiarkan, hal itu akan membuat suhu mesin motor jadi tinggi.

Hal penting dalam memilih cover radiator jangan hanya karena keren. Anda  juga harus memperhatikan kerapatan cover radiator tersebut. Pastikan udara masih bisa melewati kisi-kisi radiator agar proses pendinginan tetap maksimal.

Oleh karena itu, hati-hati saat pilih cover radiator motor. Hindari cover radiator motor yang mempunyai kisi-kisi lebih rapat atau sedikit karena justru bisa membuat proses pendinginan air radiator menjadi terganggu.

 

 

comments

`