caption trialgame

Gampangnya Ganti Oli Shock Depan Motor Trail!

Wednesday, 6 April 2022

Gampangnya Ganti Oli Shock Depan Motor Trail!


Mungkin tidak banyak yang mengetahui jika oli shock depan motor trail Anda harus rutin dirawat berkala. Salah satu perawatannnya adalah dengan melakukan penggantian olinya. Umumnya pergantian oli shock depan dilakukan setiap 15.000 km. Bocor atau tidak bocor, dalam periode tersebut oli shock motor harus diganti. Pergantian oli shock ini supaya bantingan suspensi selalu dalam kondisi yang berkualitas. Biasanya dalam periode tersebut, jika shock belum diganti, reboundnya menjadi lambat, hal ini membuat motor lebih kaku dan bisa membuat Anda lebih cepat lelah saat mengendarainya.

Pergantian oli shock juga terkadang tidak berpatok pada jarak. Bisa saja dilakukan lebih cepat, jika motor trail Anda sering diajak trabsan. Logikanya shock jika bekerja lebih keras, maka oli di dalamnya akan lebih cepat encer. Nah agar shock terus memberi daya redam yang maksimal, ada baiknya selalu dilakukan perawatan dengan cara menggantinya secara berkala.

Cara mudahnya adalah dengan memastikan volume oli shock breaker tetap berada di angka maksimal yang ditentukan oleh pabrikan. Misalnya rata-rata volume oli shock breaker depan harus berada di level 75 ml, atau paling tidak berada di level 70 ml. Jika kurang dari itu, segera ganti atau tambahkan. Melaluai artikel ini kami akan coba jelaskan cara mudah untuk mengganti oli shock depan motor trail Anda ya.

Agar lebih mudah saat melakukan pergantian, lepaskan ban dan spakbornya. Dengan menggunakan kunci L, kendorkan baut yang berada diujung bawah shock breaker, dan copot satu persatu komponen di dalamnya, termasuk per shock breaker motor Anda. Selanjutnya, lepaskan baut L yang tadi di kendorin, dan keluarkan semua oli di dalamnya hingga benar-benar bersih.

Tarik bagian Ss shock breaker (biasanya berwarna mengkilap atau beraksen krom) hingga copot, dan bersihkan bagian As tersebut dengan kain halus. Ingat, bagian ini jangan sampai tergores karena bisa menyebabkan kebocoran oli. Periksa bagian seal shock breaker dan pastikan kualitasnya basih bagus. Jika terlihat karat atau sudah rusak, segera ganti dengan seal baru.

Pasang kembali as dan bagian lainnya, kemudian isi oli lewat baut L yang tadi di copot. Terakhir, pasang kembali baut dan bagian lainnya, termasuk bagian gasket yang berfungsi untuk mencegah oli bocor. Untuk perawatan harian, pastikan bagian shock breaker ini tetap bersih dengan cara di lap kering atau dicuci dengan air mengalir.

comments

`