caption trialgame

Ganti Ban Dalam Jangan Asal Pasang Saja Ya!

Wednesday, 12 January 2022

Ganti Ban Dalam Jangan Asal Pasang Saja Ya!


Bagi Adan yang gemar trabasan, penggunaan ban tube adalah pilihan yang terbaik. Ban tube atau ban biasa adalah ban konvensional yang masih menggunakan ban dalam. Penggunaan ban tube pada motor trail boleh dibilang ideal karena struktur karet yang lebih empuk maka ban jenis ini sangat tahan lama jika digunakan di jalanan yang kurang begitu bagus.

Keunggulan lain dari ban biasa adalah umurnya yang lebih panjang karena terbuat dari compound yang cukup kuat. Motor yang menggunakan ban biasa sangat nyaman digunakan karena mampu bermanuver dengan baik. Harga ban biasa pun lebih murah dibandingkan ban tubeless, dan ban biasa dapat dipasang pada segala jenis pelek ban.

Tanpa ban dalam, maka ban tube tidak dapat berfungsi dengan baik, sebab ban dalam memiliki peran untuk menjaga tekanan angin dan menopang ban luar serta menjaga bentuknya agar tetap stabil. Untuk itu, pemilihan ban dalam motor sangat penting untuk aktivitas berkendara yang aman dan nyaman, apalagi bagi Anda yang gemar trabasan. Nah ada beberapa cara memilih ban dalam motor yang bagus dan kami akan menjelaskannya untuk Anda di Artikel ini.

Yang pertama adalah perhatikan daya elastis. Daya elastisitas ban dalam yang baik berguna untuk menjaga ban selalu dalam bentuk yang sempurna, meski diajak berkendara di jalan berlubang atau tidak rata. Tentunya, hal ini akan mempengaruhi performa motor.setelah itu lihat material bahan dasar karetnya. Apabila materialnya berkualitas, akan membuat ban lebih kuat dan meminimalisir kebocoran, sehingga Anda tidak perlu menambal atau mengganti ban dalam waktu yang terlalu cepat.

Selain kualitas, pastikan Anda memilih ukuran ban dalam yang tepat. Sebab, beberapa pemilik motor trail sering memilih ukuran ban dalam yang tidak sesuai dengan ban luar. Perlu diingat, kalau ban dalam dan ban luar dibuat dengan perhitungan desain serta dimensi yang sudah disesuaikan. Jika salah ukuran, ada berbagai masalah yang harus bisa terjadi, seperti ban meletus atau bocor.

Untuk itu, ada baiknya untuk memahami cara membaca ban dalam. Sebagai contoh, ukuran ban dalam adalah 80/90-14 atau 90/90-14. Artinya, ban tersebut bisa dipasang pada ban luar dengan ukuran 80/90-14 atau 90/90-14, di luar itu tidak disarankan. Ada juga ban dalam yang menggunakan kode single, itu artinya hanya bisa digunakan di satu ukuran ban luar yang sudah direkomendasikan. Nah jadi jangan asal pilih ban dalam ya.

 

comments

`