caption trialgame

Ganti Tujuh Komponen Ini Dengan Rutin Ya!

Friday, 1 October 2021

Ganti Tujuh Komponen Ini Dengan Rutin Ya!


Layaknya tubuh manusia, motor trail Anda juga harus dirawat agar kondisinya tetap prima sehingga tahan lama dan dapat berjalan dengan tanpa kendala. Perawatan rutin sangatlah penting bagi kendaraan.  Untuk melakukan tindakan preventif menghadapi kerusakan, ada beberapa bagian motor trail yang harus diganti rutin. Dengan demikian, motor Anda bisa terhindar dari kerusakan dan tahan lama. Nah penasaran gak, apa saja sih yang harus rutin diganti? Simak ulasannya.

Yang pertama adalah oli. Oli adalah bagian yang harus diganti secara rutin untuk menghindari berbagai kendala saat mengendarai motor, seperti tiba-tiba macet di tengah jalan, turun mesin, dan kerusakan lainnya yang akan membuat Anda mengeluarkan jutaan rupiah untuk memperbaikinya.  Jika ketersediaan oli pada motor Anda sudah sedikit, maka segeralah ganti dengan oli baru sebelum berbagai kerusakan terjadi. Pemilihan oli sebaiknya disesuaikan dengan merk motor yang digunakan ya.

Yang kedua adalah busi. busi yang usang dapat menyebabkan motor Anda sulit dinyalakan. Selain itu, busi yang sudah usang juga akan membuat motor tersendat-sendat, berasap, dan lainnya yang tentunya sangat mengganggu dan tidak nyaman saat dikendarai.

Nah , sama halnya dengan oli dan busi, gear motor juga harus rutin diperiksa dan diganti jika sudah gundul. Rantai motor akan terlepas jika gear sudah gundul. Untuk motor yang sering digunakan, gantilah gear motor 2 (dua) bulan sekali agar terhindar dari kerusakan.

Oh iya,  kampas rem dan oli rem pada motor Anda harus senantiasa diperiksa dan diganti jika perlu, karena tanpa perawatan yang baik terhadap bagian tersebut akan berakibat fatal seperti rem blong yang beresiko kecelakaan berkendara.

Perawatan yang baik terhadap air radiator akan menjaga ketahanan atau umur mesin.  Mesin motor yang terlampau panas akan mati mendadak. Untuk mengatasi hal tersebut, air radiator diperlukan sebagai pendingin pada mesin motor. Anda hanya perlu memeriksa ketersediaan air radiator pada motor, dan ganti cairan pendinginnya secara rutin juga ya.

Ban yang botak akan membuat Anda rentan tergelincir saat mengendarai motor. Oleh sebab itu, performa ban harus senantiasa dijaga. Dengan ban yang baik, maka resiko kecelakaan berkendara akan semakin rendah.

Sama halnya dengan tubuh manusia, motor juga memiliki sistem saraf yaitu aki yang bertugas mengurus kelistrikan di dalamnya. Oleh sebab itu, kondisi aki harus selalu dijaga dengan cara menggantinya secara rutin. Aki biasanya diganti setiap 1,5 sampai 2 tahun sekali. Nah dengan menjaga beragam komponen di atas, serta menggantinya dengan rutin ,maka performa motor Anda bakal terjaga dan tetap prima.

 

comments

`