caption trialgame

Garang Tampilan Motor Trail Diesel!

Thursday, 12 August 2021

Garang Tampilan Motor Trail Diesel!


Motor Trail memang sudah menjadi kendaraan serba guna yang digunakan oleh beragam pihak. Salah satu yang paling sering menggunakannnya adalah untuk keperluan militer. Nah dinas militer Amerika Serikat belum lama ini memperkenalkan sebuah motor trail berbahan bakar diesel yang menggunakan basis motor Kawasaki KLR650. Motor ini dimodifikiasi oleh perusahaan kontraktor militer bernama Hayes Diversified Technologies (HDT) dengan kode produksi HDT M1030M1.

Hayes Diversified Technologies (HDT), mengganti mesin KLR 650 dengan mesin diesel buatan HDT. Selain itu,  dilakukan beberapa modifikasi lainnya, seperti penggunaan aki AGM, suspensi progresif, tangki bahan bakar yang baru berkapasitas 22,7 liter, footstep yang lebih lebar, dan skid plate.

Alasan penggunaan mesin diesel cukup sederhana, agar pasukan militer tidak perlu repot-repot membawa banyak logistik, sehingga hanya perlu membawa satu jenis bahan bakar untuk beragam jenis kendaraan.  Pasukan cukup membawa solar yang bisa digunakan untuk motor, mobil, jip, hingga tank. HDT M1030M1 ini juga diklaim mampu menenggak bahan bakar jet (JP-8) hingga kerosin atau minyak tanah.

Mesin diesel juga memiliki torsi yang besar, hemat bahan bakar, serta punya daya tahan dan ketangguhan yang lebih baik dari mesin bensin. Karakter mesin tersebut sangat diperlukan untuk kondisi medan off road. Konsumsi bahan bakarnya diklaim dapat menempuh 40,8 km/liter. Jarak tempuhnya dengan tangki bahan bakar yang penuh dapat mencapai 926 km.

Mesin diesel pada sepeda motor juga memiliki kekurangan. Getaran dan suara yang dihasilkan sangat kasar dibandingkan mesin bensin. Mesinnya besar dan berat, sehingga rasio tenaga dan bobotnya juga sangat jelek. Maka itu, mesin diesel dianggap kurang cocok untuk sepeda motor yang seharusnya ringan, lincah, dan memiliki putaran mesin yang tinggi. Untuk spesifikasinya, HDT M1030M1 ini menggunakan mesin satu silinder berkapasitas 611 cc. Sasis dan transmisi 5-percepatan masih menggunakan milik Kawasaki.

Tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 30 tk pada putaran mesin 5.700 rpm. Bobot motornya dapat mencapai 166 kg. Kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dapat diraih dalam waktu 9,7 detik. Sedangkan kecepatan maksimalnya, diklaim dapat tembus hingga 150 km/jam. HDT juga membuat versi sipil alias untuk umum. Motor trail tersebut diberi nama Kawasaki Bulldog D650-A1LE. Tenaganya dikabarkan lebih tinggi dari versi militer, tapi konsumsi solarnya juga jadi lebih boros.

 

comments

`