caption trialgame

geber-geber motor, adakah batasannya?

Wednesday, 26 October 2022

Jangan Over Panasi Mesin Motor Trail


Salah satu hal yang harus dilakukan oleh pemilik motor trail yang menggunakan secara harian adalah memanaskan mesin motor setiap pagi sebelum digunakan. Pertanyaan yang sering muncul, berapa lama kira-kira waktu yang ideal untuk manasin motor? Motor memang idealnya perlu dipanaskan dulu sebelum digunakan. Tujuannya agar mesin lebih siap sebelum digunakan beraktivitas berat. Apalagi jika motor akan digunakan untuk perjalanan jauh, maka mesin harus benar-benar siap.

Saat motor lama tak digunakan, kondisi oli akan menjadi dingin. Baik motor karburator maupun injeksi, mesin harus sudah terlumuri oli dengan baik sebelum digunakan. Ketika motor langsung digunakan tanpa dipanasi lebih dulu, dikhawatirkan terjadi pergesekan yang tidak beraturan dalam mesin. Gesekan ini disebabkan oli yang bekerja kurang maksimal pada mesin.

Waktu ideal untuk memanaskan motor trail ternyata tidak lama, hanya sekitar satu hingga tiga menit sampai mesin motor benar-benar siap digunakan. Setidaknya panaskan motor maksimal selama tiga menit bagi yang menggunakan sepeda motor dengan karburator. Sedangkan untuk motor dengan mesin full injeksi bisa dipanasi selama 30 detik sampai 1 menit. Perbedaan ini dikarenakan motor injeksi sistemnya sudah bekerja secara otomatis saat mesin menyala. Tidak perlu juga menggeber gas terlalu keras saat memanasi mesin.

Terkait dengan hal tersebut, nyatanya ada hal yang kurang tepat dilakukan oleh pemilik motor. Misalnya memanaskan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebab, biasanya pemilik kendaraan juga melakukan aktifitas lain seiring memanaskan motor, seperti sarapan atau aktifitas lainnya. Padahal, kondisi tersebut memberi dampak negatif bagi beberapa komponen motor.

Ada sejumlah komponen lainnya turut langsung bekerja setelah mesin motor dihidupkan, misalnya lampu utama. Menurutnya, lampu yang menyala akan menghasilkan energi panas. Jika energi panas yang dihasilkan oleh nyala lampu tidak dibuang, maka bisa merusak lampu utama tersebut. Oleh karena itu, sedianya motor perlu bergerak agar ada proses sirkulasi udara, sehingga area sekitar lampu tidak terlalu panas. Kalau terlalu lama dipanaskan dan motor dalam keadaan diam, lampunya jadi makin panas karena tidak ada sirkulasi pendinginan, nanti mika lampunya bisa meleleh. Selain itu, bagian lain yang juga terkena dampak dari proses memanaskan motor yang terlalu lama adalah leher knalpot. Bagian yang bersentuhan langsung dengan mesin ini, menurut Adih, akan cepat menjadi kekuningan.

Jadi jangan memanasi motor terlalu lama ya karena sudah pasti bakal membuang-buang bahan bakar. Selama mesin menyala meskipun tidak pergi kemana-mana, bahan bakar motor akan berkurang.

comments

`