caption trialgame

Hati-Hati Musim Hujan Bisa Rusak Shockbreaker

Thursday, 14 November 2019

Setelah hampir setengah tahun lebih berjibaku dengan udara panas nan kering, akhirnya musim hujan pun tiba. Hampir sebagian besar wilayah Indonesia sudah diguyur hujan. Cuaca yang mulai terasa lebih dingin, serta angin yang cukup besar, biasanya akan membuat para penggila motor trail kembali bersemangat untuk memacu motor trail di medan offroad. Harap maklum, lintasan yang biasanya menjadi basah serta ada kemungkinan ditambah hambatan lumpur seolah menjadi pelecut semangat para pecandu adrenaline.

Tapi ternyata tahukah Anda bawah musim hujan bisa memiliki dampak fatal bagi shockbreaker depan motor trail Anda? Kotoran dan cipratan air serta lumpur yang menempel pada bagian depan motor trail Anda bisa membuat shockbreaker menjadi cepat bocor.

Bisa diibaratkan kotoran dan kerikil serta pasir halus yang menempel pada shockbreaker ibarat pisau. Jika menempel pada seal shockbreaker bisa membuat komponen ini robek dan fungsi kerja shockbreaker menjadi tidak optimal.

Lantas apa saja gejala dari seal shockbreaker yang sudah rusak atau robek? Tanda-tandanya oli di shockbreaker depan rembes. Nah jika tidak segera ditangani akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah, karena kotoran akan denan mudah menempel pada bekas oli tersebut. Salah-salah bukan hanya seal-nya saja yang rusak tapi bisa merusak as shockbreaker juga lho.

Jika as shockbreaker baret, walaupun tipis, kebocoran akan sulit ditangani kendati sudah mengganti seal shockbreaker dengan yang baru. Dan solusinya tentu hanya satu yaitu menggantinya as shockbreaker dengan yang baru. Ini sudah pasti akan menguras saldo tabungan Anda.

Ada sebuah tips mudah sebenarnya yang bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin shockbreakernya tetap awet di musim hujan. Jangan biarkan motor trail Anda dalam keadaan kotor selepas berpetualang. Siram bagian depan motor trail, terutama shockbreaker depan dan bagian as-nya. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel. Dengan melakukan hal ini, Anda sudah meminimalisir resiko kebocoran pada shockbreaker depan.

Oiya, kerusakan seal pada shockbreaker depan bukan hanya berlaku untuk sokbreket teleskopik saja ya. Tapi, juga berlaku untuk shockbreaker bertipe upside down, yang menjadi kini sudah menjadi perangkat standar beberapa motor trail rilisan terbaru.

Image credit : revzilla.com

comments

`