caption trialgame

Hati-Hati Oleng Gara-Gara Bearing Oblak!

Tuesday, 6 September 2022

Hati-Hati Oleng Gara-Gara Bearing Oblak!


Ayo mengaku, siapa disini yang senang trabasan saat hujan turun ? kondisi lintasan yang basah serta udara yang sejuk, membuat banyak penggila trabasan senang melakukannya saat hujan turun. Tapi perlu diingat ya, campuran air hujan, kotoran seperti lumpur dan debu yang menempel pada motor trail Anda bisa mengakibatkan kerusakan pada beragam komponnen.

Bukan hanya rantai, kampas rem, dan shockbreaker saja yang rawan kena kotoran. Tapi ada juga bagian lain yang ternyata sering diserang kotoran saat melahap lintasan offroad dalam keadaan basah.  Komponen tersebut adalah bearing roda yang posisinya tepat berada di tengah pelek motor trail Anda.

Kondisi bearing roda yang sudah menurun bisa membuatnya cepat longgar akibat adanya campuran debu dan genangan air.  Kalau bagian seal karet laher sudah berumur, risiko air kotor masuk juga semakin besar dan tentu harus diganti.

Buat yang belum tahu ciri-ciri klaher yang longgar kami akan jelaskan sedikit.  Secara visual, kerusakan bearing ditandai dengan keluarnya endapan gram besi di bagian as roda motor. Selain itu, kerusakan bearing membuat putaran roda terhambat dan tidak stabil akibat adanya gesekan antar komponen.

Jika hal ini dibiarkan maka kerusakan bisa merembet ke bagian lain seperti  fungsi rem, rantai, shockbreaker hingga ban yang bisa habis tidak merata. Agar terhindar dari masalah tadi kami sarankan untuk selalu membersihkan bagian kaki-kaki motor trail Anda sehabis digunakan, baik itu setelah melahap lintasan basah atau biasa.

Jika kondisi bearing roda motor trail Anda sudah memiliki beragam tanda-tanda kerusakan seperti yang kami sebutkan di atas, segera lakukan penggantian ya. Jangan biarkan kondisi ini berlarut karena  bearing roda yang bermasalah bisa membuat motor kurang stabil ketika digunakan. Hal ini sudah pasti akan mengganggu kenyaman Anda saat mengendarai motor trail dan bisa mempengaruhi keselamatan jika Anda memaksakan untuk terus menggunakannya.

 

comments

`