caption trialgame

Hindari Hal Ini Agar Kopling Motor Trail Tetap Awet!

Wednesday, 4 May 2022

Hindari Hal Ini Agar Kopling Motor Trail Tetap Awet!


 Motor trail Anda menggunakan kopling untuk untuk mengatur daya pada mesin.  Penggunaan kopling membuat motor trali memiliki sistem kendali yang lebih fleksibel dibandingkan dengan motor matic atau bebek.  Akan tetapi ada resiko bagi pengendara untuk mengingat waktu pergantian dari kampas kopling yang tepat.

Biasanya rata-rata interval pemakaian kampas kopling ini sekitar 15.000 – 20.000 Km, atau jika motor trail digunakan dalam pemakaian normal, usianya bisa sampai 2 tahun. Akan tetapi ada beberapa hal yang menjadikan kondisinya bisa lebih buruk dalam waktu lebih cepat.

Nah melalui artikel ini kami akan mencoba memberikan beberap tips agar kampas koplingnya tidak cepat aus sehingga kemampuan kendaraan tetap bisa prima dan bisa berpacu dalam kecepatan tinggi. Masalah yang sering terjadi ketika kampas kopling sudah tidak normal yakni selip saat melakukan kopling.

Yang pertama adalah jangan terlalu sering memainkan kopling. Kejadian ini jelas saja merupakan tindakan yang salah, walaupun pada dasarnya tidak menjadi masalah pada mesin ataupun gear yang digunakan untuk berkendara jika hanya sesekali saja. Akan tetapi sebaiknya hindari betul hal semacam ini agar tidak merusak kampas kopling. Terlebih jika menghentak-hentakkan tuas gas, yang menjadikan perputaran mesin yang terhubung pada kampas menjadi lebih kencang, sehingga tingkat kecepatan yang harus ditahannya lebih besar.

Perilaku buruk berikutnya yang harus dihindari agar kampas kopling tidak cepat aus lainnya yakni menghindari untuk menggantung tuas kopling. Banyak yang melakukan kebiasaan ini, lantaran agar mudah untuk masuk ke gigi berikutnya atau mungkin ingin berkendara santai dalam keadaan kopling yang tinggi.

Dan kalau memang ingin memasukkan ke gigi berikutnya, sebaiknya menekannya secara mantap tuas kopling tersebut, agar kampas kopling bisa memberikan celah sepenuhnya untuk masuknya gear selanjutnya. Dan jika sudah, bisa langsung dilepaskan saja sepenuhnya, kecuali memang dalam beberapa kondisi darurat yang dibutuhkan untuk menekan tuas kopling selama beberapa saat.

Hal yang harus dihindari oleh berikutnya yakni menahan tuas kopling secara terus menerus, ini bisa membuat kampas kopling lebih cepat aus ketimbang keadaan biasanya. Pengendara melakukan ini biasanya saat berhenti lama, seperti berada di lampu merah misalnya. Kemudian pengendara menahan tuas kopling dalam keadaan posisi gigi masih masuk. Jelas ini tidak sehat untuk motor trail Anda ya. Nah jadi agar kondisi kampas kopling tetap baik, lakukan hal-hal di atas ya.

 

comments

`