caption trialgame

Hindari Kesalahan Ini Saat Mengendarai Motor Trail

Monday, 21 October 2019

Mengendarai motor trail bukanlah hal yang mudah. Diperlukan waktu untuk mempelajarinya, serta dedikasi untuk menguasainya. Bahkan para pebalap motor trail profesional pun terkadang mengatakan bahwa mereka masih terus belajar untuk menguasai motor trail mereka.

Nah bagi Anda yang baru akan mencoba motor trail, jangan takut untuk jatuh dari motor trail. karena hal ini seolah tidak dapat dihindarkan saat Anda mempelajari motor trail. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari kecelakaan. Kami akan memberikan beberapa tips dibawah, sehingga proses pembelajaran Anda menjadi lebih menyenangkan dan jauh dari rasa sakit.

Yang pertama adalah mengenal gas dan kopling.

Kapan Anda harus menarik gas, seberapa besar gas yang Anda tekan, kapan waktu melepasnya. Demikian juga dengan dengan kopling. Anda perlu sedikit waktu untuk membiasakan diri dengan hal ini. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah terlalu banyak menarik gas yang menyebabkan motor tidak bisa dikendalikan. Setelah Anda menguasai dua hal ini, jangan langsung memacu dengan kencang motor trail Anda, mainkan gas untuk beradaptasi dengan baragam kecepatan. Gunakan kopling untuk mengatur kecepataan Anda. Lakukan hal ini secara berulang untuk benar-benar mendapatkan hasil yang sempurna.

Setelah itu latih keseimbangan.

Mengatur keseimbangan di atas motor trail kurang lebih sama dengan di atas sepeda, tapi dengan kendaraan yang lebih berat dan lebih cepat. Saat pertama kali belajar, mulailah dengan posisi duduk. Setelah nyaman coba atur keseimbangan dengan posisi berdiri, karena posisi ini sebenarnya memberikan keseimbangan lebih namun sedikit lebih sulit untuk dipelajari. Dengan latihan yang rutin Anda akan bisa menguasai teknik ini.

Nah untuk mendapatkan keseimbangan yang sempurna, Anda harus bisa mengatur posisi tubuh Anda. Jika Anda tidak bisa mengatur posisi tubuh maka besar kemungkinan akan kehilangan kontrol motor trail saat melahap tikungan, melakukan lompatan atau sekedar mendahului pembalap lainnya. Jangan terlalu memaksa untuk menirukan beragam posisi yang dilakukan oleh para profesional. Temukan posisi yang nyaman dalam latihan saat menaklukan sebuah rintangan, sebelum menggunakan dalam sebuah lomba.

Dan yang terakhir namun tidak kalah penting adalah melatih jarak pandang serta fokus pandang Anda.
Melihat arah bawah di depan sepeda motor Anda adalah reaksi yang natural saat mengendarai motor. Namun sayangnya hal itu salah dan bisa mengakibatkan kecelakaan. Anda terlalu fokus dengan yang berada didepan persis sehingga tidak mengindahkan hal lainnya. Pastikan Anda melihat jauh ke depan. Melihat kebawah juga menyulitkan Anda untuk mengatur gas dan menekan rem pada momen yang tepat. Mengantisipasi segala rintangan dalam lintasan adalah hal krusial saat anda menunggangi trail Anda, terutama dalam sebuah perlombaan.

 

Image Credit : Chapmoto.com

comments

`