caption trialgame

Hobi Mahal Restorasi Motor Trail Lawas!

Wednesday, 16 June 2021

Hobi Mahal Restorasi Motor Trail Lawas!


Melakukan restorasi motor trail lawas, menjadi pilihan tersendiri bagi sebagian penggila tunggangan garuk tanah ini. Sebab, ada yang merasa puas apabila memiliki tunggangan hasil modifikasi atau sejenisnya. Pasalnya, untuk motor trail keluaran lama atau sudah lebih dari 20 tahun sangat sulit mendapatkannya dalam kondisi bagus atau istimewa. Sekalinya ada, harganya juga sudah sangat tinggi. Sehingga, pilihan untuk melakukan restorasi banyak dilirik dan dijadikan alternatif untuk mencari kepuasan dalam mengoleksi tunggangan yang diimpikan.

Tetapi, untuk melakukan restorasi tentunya tidak sekadar dilakukan dengan melengkapi sparepart yang kurang. Harus ada beberapa persiapan yang dilakukan agar hasilnya bisa sempurna dan juga memuaskan. Sehingga, saat mengeluarkan uang banyak dan menyita waktu bisa tergantikan dengan hasil yang sempurna.

Langkah pertama tentu saja adalah menentukan jenis dan tipe motor yang akan direstorasi. Biasanya orang yang akan melakukan restorasi akan mencari tipe motor yang memiliki ikatan memori kuat dengan mereka. Setelah itu jangan lupa untuk mempelajari sejarahnya, setidaknya bisa mengetahui kondisi motor yang akan direstorasi. Dengan demikian hasilnya juga akan lebih maksimal dan dapat menjadi kepuasan tersendiri.

Jika sudah mendapatkan motor yang akan dijadikan bahan, selanjutnya siapkan uang untuk membeli sparepart. Hal ini bergantung pada bujet Anda juga, jika restorasi yang dilakukannya adalah dengan mengganti seluruh bagian motor, maka sebaiknya siapkan dana ekstra ya. Ada beberapa kolektor motor trail tua yang maniak sehingga penggantian spare part meliputi seluruh bagian motor. Mulai dari bagian mesin, kaki-kaki, bodi, striping, baut dan lainnya. Semuanya diganti dengan yang NOS (New Old Stock) bahkan untuk baut-baut juga ada juga yang harus menggunakan baut asli lho.

Jadi sebelum melakukan pembongkaran sebaiknya dipastikan dulu apakah seluruh sparepart yang akan diganti sudah lengkap. Jangan sampai, saat motor akan dibongkar masih ada satu atau dua part yang belum lengkap. Sehingga, justru bisa mengganggu pekerjaan atau saat melakukan perakitan.

Sementara biasanya untuk proses restorasi motor, rata-rata membutuhkan waktu antara satu sampai dua bulan tergantung dengan tingkat kesulitannya. Tapi biasnaya yang paling lama adalah proses mencari sparepartnya lho. Tidak sedikit bahkan yang harus memesan dari luar negeri untuk mendapatkan sparepart yang sesuai. 

comments

`