TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Impresi Pertama Motor India 450 CC Teranyar

Teknis Kendaraan 29.07.2024

Impresi Pertama Motor India 450 CC Teranyar


Pasar motor adventure di Indonesia memang sedang menggeliat. Gak heran jika kemudian pabrikan motor gak ragu buat merilis jenis motor ini di Indonesia. Bahkan beberapa importir pun percaya diri dengan memasarkan motor jenis ini, karena memang penggemarnya semakin banyak. Nah belum lama ini PT Nusantara International, selaku pemegang brand Royal Enfield, memperkenalkan motor adventure terbaru mereka yang dipasarkan di Indonesia, yaitu RE Himalayan 450.

RE Himalayan 450 2024 ini merupakan pengembangan dari tipe Himalayan 410.  Namun, Himalayan 450 2024 ini sangat berbeda jauh dari pendahulunya seperti sebuah quantum leap. Secara penampilan saja sosoknya tampak lebih berkesinambungan daripada mengkotak pendahulunya.

Perubahan besar ada pada mesinnya yang disebut Sherpa kapasitasnya naik jadi 452cc, dengan tenaga 40 daya kuda pada 8.000 rpm, dan torsi 133 Nm @ 5.500 rpm. Peningkatan besar dari 410 cc dengan 24 daya kuda dan 96 Nm. Bahkan, kini dengan radiator menggantikan oil cooler. Ternyata rangka juga baru, sebelumnya craddle ganda. Kini mesin menjadi stress member. Suspensi depan Showa USD.        

Transmisinya 6 percepatan manual sebelumnya 5 percepatan. Sedangkan fiturnya terkini dengan spidometer TFT, dan fitur navigasi terintegrasi Google Map turn-by-turn bukan lagi Tripper terpisah sehingga lebih realistis untuk adventure. Beralih ke tinggi jok yang cukup krusial bagi naikmotor yang tinggi hanya 165 cm, Himalayan 450 tinggi joknya 82,5cm.

Buat yang merasa tinggi jok masih terlalu tinggi, ternyata mereka juga menyediakan opsi jok pendek lho.  “Tinggi jok memang selalu jadi pertanyaan konsumen, meski tersedia standar 82,5cm bisa juga menjadi 80,5cm dengan opsi jok pendek. Tinggi jok maksimal juga tersedia dengan 84,5cm untuk pengendara yang tinggi di atas 170cm.” jelas Regional Asia Pacific Marketing Royal Enfield, Anindya Dwiasti, dalam keterangan persnya.

Sekalipun bobot motor ini berkurang 3 kg, dari pendahulunya, namun tetap saja bobtob 196 kg  tetap membuat stang terasa berat.  Hal ini berbeda ketika mulai berjalan, menjadi ringan. Seperti tagnya Bulit for Himalaya, karakter 450 tampaknya lebih tourer, karena rake lebih pendek. Rake kini 12,5cm dan 26 derajat, sebelumnya lebih miring 36 derajat dan 11 cm. 450 akan lebih lincah di medan tanah keras.

Selain itu, center of gravity sepertinya jatuh di bagian atas depan. Boleh jadi karena kini mesin miring ke depan daripada tegak seperti pendahulunya. Sementara tangki kapasitasnya jadi 17 L, serta adanya radiator dan ground clearance lebih tinggi.

Anda bisa memilih mode baik Performance atau Eco, dan masing-masing mode ada pilihan aktif atau deactivation ABS. Menonaktifkan ABS roda belakang tentu penting saat di medan offroad. Dengan menanonaktifkan ABS roda belakang saat offroad, pengendalian saat loose traction akan lebih mudah.

Himalayan 450 dihadirkan dari 3 varian Base, Pass dan Summit, masing-masing dibedakan dengan skema warna dan pilihan pelek. Nah jika Anda tertarik dengan motor adventure ini, siapkan dana minimal 152 jutaan untuk tipe paling bawahnya ya. Kalo mau dengan tipe tertinggi, tinggal tambahkan sekitar 10-12 juta rupiah saja.

Berita terkait

News
News Event 10.09.25

Seri Ke-4 Siap Guncang Lapangan..

Ajang balap trail paling megah, Trial Game Dirt putaran ke-4 akan segera digelar di Sirkuit Lapangan Gentan, Sukoharjo, Jawa Tengah,...

News
Teknis Kendaraan 08.09.25

CDI Racing Lawan Standar, Unggul..

CDI Racing Lawan Standar, Unggul Mana ? Dalam dunia otomotif, khususnya kendaraan roda dua, ada banyak komponen penting yang berperan...

News
Teknis Kendaraan 08.09.25

Buka Wawasan Yuk, Ini Fungsi..

Buka Wawasan Yuk, Ini Fungsi Seal Kruk As Seal kruk as mungkin tampak seperti bagian kecil yang tersembunyi di dalam...