caption trialgame

Ini Alasan Ban Tube Lebih Cocok Digunakan pada Motor Trail

Wednesday, 7 August 2019

   Ban tube atau ban biasa adalah ban konvensional yang masih menggunakan ban dalam. Masih banyak mobil dan motor yang menggunakan ban biasa ini, terutama di daerah pedalaman yang tidak begitu familiar dengan ban tubeless.

   Penggunaan ban tube pada motor trail boleh dibilang ideal karena struktur karet yang lebih empuk maka ban jenis ini sangat tahan lama jika digunakan di jalanan yang kurang begitu bagus. Keunggulan lain dari ban biasa adalah umurnya yang lebih panjang karena terbuat dari compound yang cukup kuat. Motor yang menggunakan ban biasa sangat nyaman digunakan karena mampu bermanuver dengan baik. Harga ban biasa pun lebih murah dibandingkan ban tubeless, dan ban biasa dapat dipasang pada segala jenis pelek ban.

   Nah bagi Anda pecinta motor trail yang gemar melakukan petualangan di alam bebas atau lintasan tentu pilihannya akan jatuh pad ban tube. Ban jenis punya keunggulan lebih kuat dalam menahan hantaman dari trek dan membuat velg lebih awet.

   Bagi mereka yang menggunakan motor trail dual sport, dan lebih banyak menghabiskan waktu di jalan raya, maka ban jenis tubeless lebih cocok untuk digunakan. Maklum saja ban jenis memiliki bentuk dan alur ban yang lebih mencengkram pada permukaan, sehingga enak untuk dipakai ngebut atau nikung dalam kecepatan tinggi. Ban tubeles juga terbilang stabil karena tidak menggunakan ban dalam lagi.

   Lantas apa yang membuat ban tubeless tidak ideal untuk motor trail? . Ban tubeless lebih keras dibanding ban biasa, hal tersebut karena struktur karet lebih tebal dan padat. Motor trail lebih sering melahap lintasan yang tidak rata bahkan jalan rusak sekalipun. Memaksakan menggunakan ban tubeles untuk melewati lintasan yang rusak dan tidak rata justru akan membuat pelek dan ban cepat rusak jika digunakan secara terus menerus

comments

`