caption trialgame

Ini Alasan Rendahnya Tekanan Udara Ban Motor Trail

Friday, 21 August 2020

Ini Alasan Rendahnya Tekanan Udara Ban Motor Trail


Tekanan udara pada ban motor biasanya bervariasi, tergantung dari kebutuhan serta lintasan yang biasa dilewati. Untuk motor-motor yang biasa melewati jalanan aspal biasanya memiliki tekanan udara pada kisaran 26-29 psi untuk ban depan dan 30-33 psi untuk ban belakang. Bahkan biasanya rekomendasi tekanan udara ditempel oleh pabrik pembuat motor tersebut dalam bentuk stiker di salah satu bagian motor.

Tahukah Anda ternyata untuk motor trail, tekanan yang direkomendasikan untuk bannya terbilang rendah lho. Untuk penggunaan harian direkomendasikan hanya menggunkan ukuran 22 psi untuk ban bagian depan maupun belakang. Hal ini dimaksudkan agar posisi menapak ban motor trail menjadi lebih lebar.

Meskipun punya tekanan angin yang cukup rendah, tapi nyatanya ban ini tidak limbung ketika dipakai berkendara karena memang ban motor trail memiliki konstruksi yang beda dengan ban biasa. Dan biasanya ban motor trail juga masih menggunakan ban dalam atau istilah kerennya tube tyre.

Ban dalam yang digunakan pada ban trail yang khas akan pattern kota-kotaknya ini berbeda dengan ban dalam biasa untuk ban on road. Karena terhitung dalam jenis ban dalam heavy duty, maka biasanya ban dalam motor trail memiliki tingkat ketebalan yang lebih dibandingkan ban dalam motor biasa. Dan imbasnya adalah harga ban dalamnya tentu lebih mahal dibandingkan dengan yang tipe biasa.

Oh iya salah satu alasan jarang adanya motor trail yang menggunakan ban tubeles adalah khawatir saat sedang trabasan dan melibas sebuah handicap jumping, ban bisa terlepas dari pelek saat proses landing.

Dan jika Anda menggunakan motor trail untuk kondisi offroad, tekanan udaranya ternyata dianjurkan untuk lebih rendah lagi lho. Jika Anda menggunakan ban tipe hard kami sarankan untuk menggunakan tekanan udara 11,5 psi di bagian depan dan 11 psi di bagian belakang. Sementara jika menggunakan ban intermediate, tekanan udara 12 psi pada ban depan dan 13 psi pada ban belakang adalah angka ideal. Untuk ban soft, cukup menggunakan tekanan udara 12 psi pada ban depan dan 10 psi pada ban belakang. Jangan khawatir kendati keliatan kempes, namun kondisi motor trail Anda tidak akan limbung akibat tekanan udara yang rendah.

 

comments

`