caption trialgame

Ini Beda Motor Trial dan Motor Trail

Friday, 7 June 2019

Bagi yang sudah memiliki jam terbang tinggi, pasti sudah bisa membedakan beragam jenis motor trail yang banyak beredar. Mulai dari enduro, special engine, dual sport, supermoto hingga banyak lagi. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata masih sering terjadi kesalahan pahaman bahwa motor trail sama dengan motor trial.

Nah ini yang keliru. Kendati jika dibaca secara sekilas nyaris sama, hanya berbeda susunan huruf saja, tapi perbedaannya amat sangat jauh lho.

Jika dilihat secara sekilas motor Trail dan moto Trial ini hampir sama karena sama-sama bagian dari motor medan ekstrem. Namun perbedaan yang mencolok yakni motor Trial tidak ada sadel ataupun kalau ada sangat minimalis, lampu depan yang minimal kayak foglamp serta ban belakang terlihat lebih besar.

Berhubung tidak ada sadel alias jok maka biasanya pengendara motor trialselalu berdiri. Ini dimaksudkan agar dia bisa dengan lincah menggeber motor yang ringan ini. Biasanya medan motor trial itu gunung bebatuan meskipun juga kadang sama dengan trek motor Trail.Yang jelas biasanya track trial itu lebih terjal daripada trail. Motor Trial juga bukan diperuntukan untuk balap high speed.

Track untuk trial biasanya memanjat bebatuan yang disusun sedemikian rupa dan mendapatkan waktu terbaik saat melakukanya. Selain biasanya ada pula kompetisi trial indoor yang biasanya mengharuskan pesertanya melahap beragam handicap artifisial seperti balok atau kayu yang disusun sedemikian rupa.

Biasanya motor Trial itu memilik setting tekanan udara ban belakang yang rendah. Hal ini dimaksudkan agar motor bisa mendapatkan grip dan traksi lebih saat melibas rintangan-rintangan tadi. Terdapat beberapa pabrikan yang memproduksi motor jenis ini, sebut saja Sherco, Gaz Gaz, Honda dan Yamaha. Oh iya, biasanya kubikasi mesin Trial itu antara 125-250 cc.

Nah sementara kalo motor trail tentu sebagaian besar sudah paham dong. Motor jenis ini sering dipakai offroad atau dual purpose baik aspal maupun tanah. Dan dibeberapa daerah juga sering terdapat even-even trabas yang membelah area perbukitan dan pegunungan. Nah sudah tau bedanya kan?

comments

`