TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Ini Beda Utama Ban Radial Dan Ban Bias

Teknis Kendaraan 08.10.2024

Ini Beda Utama Ban Radial Dan Ban Bias


Untuk Anda pengguna motor trail harian,menggunakan ban tahu atau ban offroad merupakan hal yang harus dihindari. Disamping karena aspal bakal membuat kembangan ban tahu Anda cepat rusak, ban jenis ini tidak direkomendasi digunakan secara harian karena gigitannya ke aspal tidak optimal.

Untuk itu disarankan untuk menggunakan ban harian atau ban jenis dual sport ya. Biasanya untuk motor harian saat ini tersedia dua jenis ban yaitu radial dan bias. Ban bias atau ban diagonal memiliki casing yang terbuat dari lapisan jalinan kawat yang membentuk sudut. Lapisan kawat diletakkan sedemikian rupa sehingga kawat membentuk pola bersilangan. Keseluruhan struktur seragam di seluruh bagian; mahkota dan dinding karet ban memiliki struktur mekanik serupa.

Sementara itu ban radial  memiliki lapisan kawat tersebar di seputar poros ban. Selain itu, mahkota ban terbuat dari lapisan yang membentuk sabuk. Hasilnya, mahkota dan dinding karet ban memiliki karakteristik khusus tersendiri.

Karena dinding sampingnya yang lembut, mahkota ban radial menempel pada badan jalan saat bersentuhan. Jejak ban radial lebih pendek tetapi lebih lebar daripada ban bias, memberikan daya cengkeram tambahan ketika melewati tikungan tajam. Tekanan udara yang bersentuhan dengan permukaan ban didistribusikan lebih efektif pada ban radial, yang menghasilkan keausan yang lebih merata dari waktu ke waktu.

Ban radial juga memberikan kenyamanan yang lebih baik pada kecepatan yang lebih tinggi, hal ini disebabkan oleh dinding samping ban radial yang lembut, yang menyerap tumbukan permukaan jalan yang tidak sempurna.

Di sisi lain, ban bias mampu mengangkut beban lebih besar karena dinding samping ban bias lebih kokoh. Pada kecepatan tinggi, ban bias dapat mengalami perubahan bentuk sedemikian rupa sehingga memengaruhi kinerjanya. Pada intinya, ban bias sesuai untuk kendaraan yang melaju dengan kecepatan sedang, dengan ukuran mesin kecil hingga menengah dan sasis yang fleksibel. Ban bias juga cocok untuk sepeda motor kelas berat atau yang mengangkut beban berat. Ban radial dibutuhkan untuk kendaraan yang lebih bertenaga dengan sasis yang sangat kokoh dan untuk tujuan berkendara yang bersifat sport. Ban radial memungkinkan Anda untuk mencapai peringkat kecepatan ZR, di atas 240 km/jam.

Nah jadi mana yang lebih cocok untuk kepentingan Anda?

 

Berita terkait

News
News Event 10.09.25

Seri Ke-4 Siap Guncang Lapangan..

Ajang balap trail paling megah, Trial Game Dirt putaran ke-4 akan segera digelar di Sirkuit Lapangan Gentan, Sukoharjo, Jawa Tengah,...

News
Teknis Kendaraan 08.09.25

CDI Racing Lawan Standar, Unggul..

CDI Racing Lawan Standar, Unggul Mana ? Dalam dunia otomotif, khususnya kendaraan roda dua, ada banyak komponen penting yang berperan...

News
Teknis Kendaraan 08.09.25

Buka Wawasan Yuk, Ini Fungsi..

Buka Wawasan Yuk, Ini Fungsi Seal Kruk As Seal kruk as mungkin tampak seperti bagian kecil yang tersembunyi di dalam...