caption trialgame

Ini Biang Kerok Yang Bikin Pelek Jari-jari Penyok

Tuesday, 19 July 2022

Ini Biang Kerok Yang Bikin Pelek Jari-jari Penyok


Hampir sebagian besar motor trail yang beredar di Indonesia saat ini menggunakan pelek jari-jari, tapi pernahkah Anda memperhatikan kondisinya jari-jari tersebut? Secara tidak sadar kadang tiba-tiba pelek jari-jari tadi dalam keadaan penyok, padahal sebelumnya terlihat baik-baik saja. Apalagi jika motor trail Anda tidak pernah digunakan trabasan.  Maklum saja, jika trabasan Anda tentu bakal sering menyantap beragam rintangan, seperti batu atau batang pohon yang biasa membuat pelek motor trail Anda menjadi penyok. Namun jika hanya digunakan di jalan raya dan tiba-tiba penyok, tentu hal ini menjadi sebuah pertanyaan besar.

Sebenarnya ada beberapa hal penyebab hal di atas, namun kami bisa simpulkan beberapa yang biasanya paling sering terjadi. Dan yang pertama adalah kurangnya tekanan udara pada ban motor Anda. Kalau ban kurang angin, istilahnya jadi tidak membal saat dipakai berkendara. Alhasil, velg yang jadi korbannya.

Apalagi ketika motor melewati jalanan yang rusak dan berlubang. Apalagi, ban juga sebenarnya berfungsi untuk meredam benturan pada motor. Ditambah lagi Anda sering menggunakan motor trail dengan beban yang berlebih atau kelewat berat, tentu hal ini akan berdampak pada pelek jari-jari yang cepat penyok. Bahkan dalam beberapa kasus, membawa beban yang terlalu berat bisa mengakibatkan jari-jari menjadi patah lho.

Penyebab lain yang seharusnya sudah bisa Anda tebak adalah pemakaian ban dengan ukuran yang tidak sesuai. Misalnya, jika ban motor dimodifikasi dan akhirnya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan velgnya. Pilihan terbaik adalah dengan tetap memakai ban sesuai ukuran standar pabrikan. Jika memang Anda ingin melakukan modifikasi, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan mekanik, untuk mengetahui rekomendasi serta risikonya.

Dan yang terakhir adalah pemasangan ban dan velg secara kurang teliti. Dalam kondisi darurat, Anda mungkin pernah menggunakan jasa di pinggir jalan untuk menambal ban. Biasanya di sana, peralatan yang dipakai kurang memadai untuk memasang ban serta velg motor. Akibatnya cat velg bukan hanya saja bisa terkelupas, melainkan juga velg itu sendiri jadi penyok. Nah sekarang jadi tahukan penyebab utama pelek jari-jari penyok secara misterius.

comments

`