caption trialgame

Ini Cara Atasi Overheat Motor Trail

Wednesday, 14 October 2020

Ini Cara Atasi Overheat Motor Trail


Bagi Anda yang gemar mengajak motor trail Anda touring jarak jauh, tentu sudah tidak asing lagi dengan beragam rintangan yang dihadapi. Mulai dari medan yang terjal, jarak tempuh yang berliku, hingga rute berliku perlu dilahap selama perjalanan.

Dari sisi kendaraan, kendala pun juga siap menanti. Salah satunya yang paling sering terjadi adalah masalah overheat pada motor trail. Tak perlu panik, jika hal tersebut terpaksa Anda alami selama touring, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Yang pertama adalah segera pinggirkan motor terlebih dahulu. Ketika overheat terjadi, segera putar kunci kontak untuk mematikan motor terlebih dahulu. Kemudian bawa motor ke tepi jalan, agar tidak mengganggu laju lalu lintas di jalan. Cari tempat yang nyaman, atau setidaknya cukup teduh, supaya dapat mengurangi overheat pada mesin motor secara alami. Apabila terjadi di malam hari, pastikan untuk berhenti di tempat yang aman. Jangan lupa untuk memberi tahu rekan touring, agar dapat ditunggu.

Setelah menemukan tempat yang pas, mulai untuk memeriksa mesin motor. Pastikan mesin motor masih aktif atau tidak. Sebab, pada beberapa kasus overheat ada yang menyebabkan mesin mati total, ada pula yang membuat mesin aktif, tetapi motor tidak bisa jalan.

Salah satu komponen yang perlu diperiksa saat terjadi overheat pada motor adalah piston. Bisa jadi, posisi piston dalam silinder terlalu rapat sehingga membuat seker dan piston tidak leluasa beroperasi. Akibatnya saluran pelumasan oli jadi terhambat dan membuat mesin jadi cepat panas.

Setelah tahu pasti terjadi masalah pada piston motor, biarkan mesin motor untuk diam secara alami dulu selama beberapa waktu. Sebab, memaksa motor untuk tetap menyala dalam kondisi overheat justru berisiko merusak blok mesin. Kendati tampak menyebalkan, tetapi Anda tak perlu khawatir berlebihan, karena masalah overheat sebenarnya hal yang biasa terjadi.

Jika motor trail Anda menggunakan sistem pendingin radiator jangan lupa berikan cairan pendingin untuk radiator motor. Tapi sebelum dimasukkan pastikan mesin dalam keadaan dingin sepenuhnya. Meski begitu, jangan memberikan cairan sembarangan. Untuk menjaga mesin tetap awet dan tak lagi mengalami overheat.

Jika Anda tidak menemukan atau membawa cairan pendingin, gunakanlah air biasa tapi, jangan gunakan air dingin karena akan merusak blok mesin. Jadi gunakan air dengan suhu normal. Juga berhati-hatilah saat membuka tutup radioator saat mesin dalam keadaan panas untuk mencegah terjadinya luka bakar serius.

 

 

comments

`