caption trialgame

Ini Cara Efektif Besarkan Sistem Pengapian!

Wednesday, 5 May 2021

Ini Cara Efektif Besarkan Sistem Pengapian!


Bagi Anda yang gemar melakukan touring di atas supermoto Anda, terkadang melakukan beragam cara untuk meningkatkan performa mesin.  Dan salah satu cara untuk mendaptkan itu adalah dengan memperbesar sistem pengapian pada motor. 

Sistem pengapian sendiri berfungsi untuk menghasilkan percikan api pada busi sehingga terjadi proses pembakaran.  Maka, tentu saja pengapian amatlah berpengaruh pada tenaga dan performa mesin.Utak-atik komponen pengapian seperti CDI, Koil hingga busi dipercaya dapat memperbesar pengapian sehingga meningkatkan performa mesin yang lebih hebat. Lalu gimana sih cara untuk memperbesar pengapian motor? Simak tipsnya ya.

Zaman dulu, cara memperbesar pengapian motor bisa dilakukan dengan memodifikasi tonjolan pulser di magnet entah dipotong atau dipanjangkan. Namun, modifikasi ini hanya tren di kalangan motor CDI zaman dulu. Kini, cara memperbesar pengapian motor bisa dengan mengubah CDI standar bawaan menjadi CDI racing.  Hal ini tetap berpengaruh sebab besar kecilnya tenaga yang dihasilkan mesin, tergantung pada titik pengapian di CDI motor. CDI racing mampu meningkat power yang lebih tinggi dibanding mengutak-atik komponen lain. Jika ingin memperbesar pengapian CDI motor bisa dengan cara mengubah CDI Standar menjadi CDI racing.

Tapi tidak sedikit juga oranga yang memperbesar pengapian motor dengan mengganti kabel busi atau bahkan tutup busi. Memang belum terbukti pengaruhnya terhadap power malah tak terasa sama sekali. Namun, mengganti kabel busi atau tutup busi dengan yang baru serta rajin merawatnya akan membuat pengapian lebih stabil. Penggantian kabel busi atau tutup busi ini cukup baik untuk kenyamanan dan akselerasi sepeda motor.

Selain komponen busi, memperbesar pengapian pun konon bisa dilakukan dengan bantuan koil racing. Koil racing ini memang cukup berpengaruh memperbesar pengapian walau hanya sepersepuluh atau seperdua puluh dibanding CDI racing.Ketika CDI racing mampu meningkatkan power hingga 0,4 HP, koil racing hanya mampu meng-upgrade power sebesar 0,2 hingga 0,3 HP saja. Kekurangan koil racing pun kadang tak sesuai dengan CDI bawaan. Beda dengan meng-upgrade CDI standar menjadi racing yang nyaris seratus persen berhasil.

Cara lain memperbesar api busi motor adalah dengan menambahkan booster yang tersedia di pasaran. Booster ini dipasang pada kabel busi. Tujuannya untuk memperbesar nyala api busi. Selain dipasang pada kabel busi, Booster yang beredar di market place juga bisa dipasang di kabel nozzle injektor, throttle bodi, dan koil. Efeknya, arus listrik jadi lebih bersih karena berkurangnya arus liar atau yang juga disebut noise. Harga booster sendiri biasanya tidak terlalu mahal, kisaran ratusan ribu rupiah saja.

comments

`