caption trialgame

Ini Cara Kerja Speedometer Motor Trail

Tuesday, 21 November 2023

Ini Cara Kerja Speedometer Motor Trail


Speedometer merupakan salah satu spare part  di kendaraan bermotor yang penting dan terletak tepat dihadapan pengendara motor, untuk mudah melihatnya. Speedometer adalah sebuah alat pengukur kelajuan kendaraan, yang merupakan perlengkapan standar setiap kendaraan yang beroperasi di jalan. Dengan satuan kilometer perjam.

Sesuai dengan namanya speedometer berfungsi sebagai alat ukur untuk mengendalikan kecepatan sepeda motor saat digunakan, dan dijadikan ukuran untuk mengatur kecepatan di kasawan atau ruas jalan yang di batasi maksimal kecepatan kendaraan atau minimal laju kendaraan.

Semakin modern hasil industri pabrikan kendaraan, speedometer pada sepeda motor dilengkapi pula dengan panel-panel penting,  antara lain  jumlah bahan bakar yang tersedia, jumlah jarak yang telah ditempuh, dan indikator-indikator penting lainnya. Tapi biasanya speedometer motor trail, masih terhitung sederhana sih, berbeda dengan motor trail adventure yang biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap.

Saat ini speedometer tersedia dalam dua jenis, analog dan digital. Dalam versi Analog, menggunakan jarum untuk menunjukan angka kecepatan kendaraan. Jenis ini yang paling banyak digunakan pada sepeda motor terdahulu hingga saat ini. Secara tampilan jenis speedometer ini memiliki desain yang unik dan klasik.

Sementara pada speedometer Digital, memiliki tampilan dengan menggunakan penunjuk angka digital pada sebuah layar display. Speedometer ini, memiliki tampilan yang futuristik dan akurat. Oleh sebab itu banyak dipakai pada kendaraan yang mengedepankan nilai futuristik.

Lantas gimana cara kerjanya nih ? Untuk tipe analog, memakai prinsip GGL (gerak gaya listrik) pada suatu magnet yang berputar. Putaran magnet ini berasal dari poros yang terhubung dengan output putaran mesin. Pada motor biasanya ada di roda depan dan mobil ada pada output transmisi. Secara umum ada tiga komponen pada tipe ini, yakni Gearbox, merupakan rangkaian roda gigi yang menerima putaran dari roda depan (pada motor) atau poros transmisi (pada mobil) untuk disalurkan ke alat ukut speedometer.

Kemudian Poros/kabel, kabel ini bukan seperti kabel pada umumnya karena fungsinya bukan menghantarkan listrik melainkan menghantarkan putaran dari gearbox kedalam speedometer. kabel ini terbuat dari poros baja yang fleksibel sehingga dapat menyalurkan energi putar meski posisinya tidak lurus. Dan yang terakhir tentu saja adalah speedometer itu sendiri. Komponen ini terletak pada dashboard yang berfungsi menterjemahkan RPM putaran gearbox kedalam bentuk penunjukan angka kecepatan.

Beralih ke speedometer digital. Speedometer digital juga memiliki dua tipe, tipe gearbox dan tipe pulser. Tipe gearbox memiliki sistem yang hampir sama dimana putaran roda akan dihubungkan rangkaian gearbox dan poros pada komponen speedometer pada dashboard. Biasanya tipe ini digunakan pada speedo digital sepeda motor.  Sementara tipe pulser, menggunakan magnetic sensor yang akan mengirimkan sinyal perpotongan magnet (pulse) dengan frekuensi tertentu. Frekuensi yang dikirim inilah yang akan menunjukan berapa kecepatan kendaraan.

 

Meski beda tipe, keduanya memiliki kesamaan prinsip. Putaran akan diubah kedalam sinyal yang memiliki frekuensi tertentu. Sinyal ini kemudian dikirimkan ke microprocessor untuk diolah dan diterjemahkan kebentuk yang dimengerti manusia.

Dengan kata lain, besar frekuensi ini akan diterjemahkan kedalam satuan bilangan bulat yang bisa kita lihat pada panel layar speedo.  Dengan memahami konsep alat ukur kecepatan diatas, anda bisa menganalisa jika terjadi error pada speedometer kendaraan anda. Umumnya kerusakan speedometer disebabkan roda gigi gearbox yang aus, atau kabel poros yang terputus. Sementara pada tipe digital, tegangan baterai mempengaruhi akurasi pembacaan kecepatan kendaraan. Semoga menambah wawasan ya.

comments

`