caption trialgame

Ini Cara mudah Ganti Radiator Coolant

Tuesday, 1 December 2020

Ini Cara mudah Ganti Radiator Coolant


Menguras, membersihkan dan menambah cairan radiator adalah hal rutin yang harus dilakukan para pemilik motor trail yang memiliki sistem pendingin radiator. Sekilas memang proses ini sepertinya sulit tapi jangan khawatir, kami akan memberikan tips agar mudah dalam mengganti radiator coolant atau cairan pendinginnya.

Mengganti radiator coolant biasanya hanya dilakukan satu tahun sekali. Prosesnya kurang lebih sama seperti mengganti oli yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu bantuan seorang mekanik profesional. Hal yang pertama kali harus diingat adalah proses ini harus dilakukan saat mesin dalam keadaan dingin ya. Jangan pernah menggantinya dalam keadaan panas karena ama berbahaya bagi Anda, dan bisa menimbulkan kerusakan pada radiator itu.

Oh iya siapkan alat pendukung seperti ember atau tempat penampungan cairan , corong, kunci ukuran 8 atau 10mm, sarung tangan plastik, radiator coolant yang  baru, dan tisu atau lap yang akan berguna jika terjadi cairan yang berceceran.

Tempatkan ember dibawah mesin motor anda untuk menampung cairan radiator coolant lama. Longgarkan dan lepaskan penutup bawah radiator yang biasanya terletak dibagian depan mesin motor dan berada di dekat kopling, dengan menggunakan kunci 8 atau 10. 

Setelah Anda lepaskan penutup bawah radiator, perhatikan sebuah seal yang terbuat dari tembaga, jangan sampai hilang dan simpan baik-baik. Cairan lama akan segera keluar namun tidak akan keluar dengan lancar. Untuk melancarkan cairan tersebut, anda perlu membuka katup radiator motor Anda. Tapi jangan membuka katup radiator anda jika belum membuka penutup bawah radiator, karena  cairan akan bersemburan ke segala arah.

Segera setelah seluruh cairan radiator coolant lama sudah keluar, kini langkah selanjutnya adalah memutuskan apa perlu untuk menguras terlebih dahulu radiator Anda. Jika Anda rutin mengganti cairan radiator coolant anda maka kemungkinan besar Anda tidak perlu melakukan proses pengurasan. Anda perlu melakukan proses pengurasan jika Anda ingin mengganti merek atau jenis cairan radiator coolant yang berbeda dari yang biasa anda gunakan. Pasang kembali penutup bawah radiator Anda, kemudian masukan cairan penguras melualu katup radiator dan kencangkan katup tersebut. Setelah itu nyalakan motor Anda, tunggu sampai mesin ada panas, kemudian matikan dan dinginkan mesin.

Lakukan ulang seluruh proses pengurasan dan setelah itu Anda siap menuangkan cairan radiator coolant ke radiator motor Anda. Tuangkan cairan ke dalam radiator, jangan sampai berlebih. Setelah itu tutup katup radiator dan panaskan kembali motor Anda.

 

comments

`