caption trialgame

Ini Cara Nyalakan Kembali Motor Trail Yang Terjatuh

Wednesday, 29 May 2019

Anda pasti pernah mengalami suatu keadaan ketika motor trail Anda terjatuh, kemudian susah untuk menyalakan mesinnya kembali. Biasanya kondisi ini akan terjadi pada motor trail yang masih menggunakan karburator.

Kondisi mesin susah dihidupkan diakibatkan karena bahan bakar masuk ke dalam ruang mesin secara berlebihan. Ini biasanya disebabkan oleh goncangan akibat terjatuh tadi. Akibat bahan bakar berlebih yang masuk saat mesin mati, maka ketidakseimbangan antara bahan bakar dan udara di dalam mesin mengakibatkan mesin susah untuk dinyalakan kembali.

Sumpah serapah pasti akan terlontar saat Anda kesulitan untuk menyalakan motor tadi, apalagi jika kondisi ini terjadi dalam sebuah event lomba. Nah dalam kondisi ini ternyata ada sebuah komponen di motor trail Anda yang bisa mengatasinya. Nama komponen tersebut adalah hot start lever.

Tidak semua orang familiar dengan komponen ini, bahkan mereka yang telah menunggangi bertahun-tahun pun terkadang masih tidak menyadari fungsi dari piranti ini. Fungsi dari hot start lever sendiri hampir sama dengan choke, namun dengan penggunaan pada yang situasi berbeda. Choke diperlukan untuk memudahkan menyalakan mesin dalam keadaan dingin.

Choke berfungsi agar bahan bakar lebih banyak masuk ke mesin ketimbang udara. Sementara hot start lever berfungsi agar udara lebih banyak masuk ke mesin ketimbang bahan bakar. Hot start lever biasanya terletak dibagian kanan atau kiri handle bar, disamping gagang rem atau kopling. Ukurannya kurang lebih seperempat dari gagang kopling, sehingga tidak akan mengganggu Anda saat mengemudi. Anda hanya perlu menekan alat ini, dan gunakan stater kaki untuk menyalakan mesin kembali. Tapi ingat, jangan memutar pegangan gas, karena hanya akan membuat bahan bakar kembali masuk ke mesin.

Memang biasanya perlu dua sampai tiga kali menggunakan starter kaki agar mesin bisa kembali menyala. Yang utama adalah jangan panik, karena anda membutuhkan konsentrasi untuk mendapatkan tendangan sempurna demi menyalakan mesin. Lakukan dengan tenang, hingga mendapatkan momentum sempurna untuk menyalakan motor trail Anda kembali.

comments

`