caption trialgame

Ini Cara Uji Cairan Anti Karat!

Wednesday, 5 January 2022


Ini Cara Uji Cairan Anti Karat!

 
Salah satu produk perawatan yang  harus dimiliki oleh para penghobi motor trail adalah cairan anti karat atau yang biasa disebut dengan nama multi purpose lubricant. Maklum saja Memiliki motor trail berati Anda juga harus meluangkan waktu untuk merawatnya. Motor Trail yang terawat akan memberikan perfoma optimal dan keamanan bagi mereka yang mengendarainya.

Kembali ke cairan anti karat, cairan ini mampu merontokan karat dan kotoran yang menempel pada bagian-bagian yang terbuat dari besi pada motor trail Anda.   Namun, sebaiknya hati-hati dalam memilih produk multi purpose lubricant. Pasalnya, tidak sedikit yang menggunakan bahan kimia yang berbahaya, tidak hanya pada peralatan logam yang dibersihkan, tetapi juga kesehatan.

Multi purpose lubricant adalah produk kimiawi untuk membersihkan, melumasi dan memproteksi mesin dan peralatan yang terbuat dari metal. Ketika harus membeli produk multi purpose lubricant kadang Anda sering bertanya cairan apa yang terkandung di dalam produk tersebut? Apakah benar-benar multi purpose lubricant? Benar-benar anti karat, antipenetrant? Apakah produk ini nantinya malah merusak mesin?

Ingat saat membeli jangan jangan terpancing merek dan harga. Yang penting adalah kualitas cairan didalamnya sudah teruji. Produk mahal dan merek terkenal bukan jaminan punya kualitas bagus, apalagi yang murah.  Nah bagaiman cara menguji kualitasnya ? Salah satunya adalah dengan melakukan tes anti karat. Caranya, semprotkan produk tersebut ke dalam sebuah gelas transparan setinggi 1 cm, lalu masukan air setinggi 6-7 cm. Posisi chemical pasti berada di atas air. Aduklah hingga tercampur. Diamkan, lalu aduk kembali. Lakukan 2-3 kali. Dan lihat bagaimana hasilnya.

Jika produk tersebut mempunyai kualitas yang baik, maka bahan kimianya akan terpisah dari air dengan cepat. Kalo produk yang kualitasnya rendah, maka dia akan lama terpisah dari air, bahkan malah tercampur dari air. Artinya produk tersebut tidak bisa dipakai untuk melindungi mesin atau peralatan Anda dari karat.

Pada dasarnya multi purpose lubricant, mempunyai 5 fungsi, yaitu anti karat, pelumas, pembersih, penghilang kelembaban, dan penetrasi, dimana dari ke 5 fungsi itu, Anda bisa menggunakan produk tersebut untuk banyak hal dalam membantu merawat motor trail Anda. Jadi jangan sampai malah Anda membeli cairan yang bisa merusak motor trail Anda ya.

 

comments

`