caption trialgame

Ini Dia Beragam Tipe Ban Offroad

Wednesday, 3 June 2020

Ini Dia Beragam Tipe Ban Offroad


Sudah takdirnya jika moto trail menggunakan ban offroad atau yang biasa dikenal di tanah air dengan istilah ban tahu. Tapi ternyata ban offroad ada beberapa jenis lho, jangan mentang-mentang memiliki kembang kotak-kotak besar, semua dianggap memiliki fungsi yang sama. Kenali jenisnya terlebih dahulu ya, sebelum memutuskan untuk membelinya. Jangan karena terlihat keren dan sangar, kemudian Anda memutuskan untuk membelinya. Apa saja sih jenisnya? Simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah ban trial. Ban trial umumnya memiliki pola kembangan kotak-kotak yang relatif rapat dan teratur, karena didesain untuk memberikan grip sempurna di permukaan sekecil apapun.Karena itu juga, ban trial biasanya memiliki lapisan samping (sidewall) yang tinggi dan lunak, sehingga bisa mengikuti bentuk permukaan batu, kayu, atau apapun yang dilewati oleh si pengendara.

Meskipun dikhususkan untuk motor trial, tidak jarang juga motor scrambler atau motor yang dimodif restomod memakai ban ini karena desain kembangannya yang kelihatan retro.Oh iya, karena bidang kontak ban ini dengan aspal tidak terlalu kasar, maka ban ini masih cukup aman dipakai di jalan aspal atau untuk harian.Tapi perlu diingat bahwa ban jenis ini bisa menjadi licin saat melewati lintasan basah, karena memang bukan itu peruntukannya. Jadi tidak ideal ya, untuk digunakan harian saat musim hujan tiba.

Yang kedua adalah ban motocross atau ban mx. Ban ini didesain untuk ‘memacul’ medan yang dilaluinya guna menghasilkan grip maksimal di permukaan tanah yang gembur.Karena itu, ban MX memiliki pola kembangan yang paling renggang dan dalam diantara semua ban off-road.Ban MX paling cocok digunakan untuk motor yang gak akan pernah nyentuh aspal . Penyebabnya adalah pola kembangan yang sangat renggang, sehingga mengurangi area ban yang menyentuh aspal.Dan karena aspal tidak bisa digali oleh ban MX, ban jenis ini lumayan licin ketika dipakai di aspal, dan sangat berbahaya saat jalanan basah.

Yang terakhir tentu saja adalah ban dual-sport atau dual-purpose. Ban ini didesain untuk digunakan di aspal maupun di tanah.Maka dari itu, pola kembangan ban jenis ini tidak akan serenggang ban MX ataupun sekotak ban MX.Pola kembangan ban dual-sport juga banyak macamnya, karena ada ban dual-sport yang lebih mementingkan performa di tanah, ada juga yang lebih mementingkan kestabilan di aspal.

Karena ragam variasi tadi, ban jenis ini cocok digunakan untuk banyak jenis motor, mulai dari motor scrambler, tourer, supermoto, dan lainnya.Jadi Anda pengguna motor dual sport dengan ban standar lantas ikutan trabasan, jangan kaget kalau masih sering melintir di medan berlumpur karena memang kembangan ban standar bawaan pabrik tidak memiliki daya cengkram yang kuat seperti ban MX.

 

comments

`