caption trialgame

Ini Dia Motor Trail Terlama yang Pernah Diproduksi

Saturday, 8 June 2019

Industri otomotif berkembang amat pesat. Hampir setiap tahun, beragam jenis kendaraan terbaru sudah pasti diluncurkan. Tidak terkecuali motor trail. Amat jarang ada sebuah model yang bisa bertahan hingga lebih dari 10 tahun, tapi tahukah Anda ada sebuah motor trail yang ternyata tetap eksis dan memiliki spesifikasi yang sama persis dengan versi original yang pertama kali di luncurkan pada tahun 1992?

Langkah yang sangat menarik dilakukan oleh Honda Amerika Serikat yang terus melakukan penjualan terhadap salah satu motor dual sport bertampang jadul, unik, dan nyentrik yaitu Honda XR650L. Motor ini pertama kali dirilis pada tahun 1992 dan masih eksis sampai sekarang dengan spesifikasi yang masih cukup mirip dengan spesifikasi awal pertama kali motor diluncurkan. Bukan hanya itu, penampilan motor ini di beragam kejuaraan off road dunia pun terhitung sering dan mampu meraih beberapa kemenangan.

XR650L jauh dari kesan motor trail modern, dengan bentuk lampu mengotak, tangki membulat berukuran besar hingga 11 liter, jok lumayan tebal untuk ukuran motor dual sport, dan kaca spion bulat. Bahkan bentuk front fender hingga knalpotnya pun memberikan kesan bahwa motor ini sangat kuno. Tapi justru hal ini yang membuat nilai lebihnya, kesan retro klasik yang tidak dibuat-buat.

Sejak diluncurkan pada tahun 1992 sampai dengan saat ini, XR650L masih tetap mengandalkan mesin sederhana satu silinder, SOHC, 4-tak, dan berpendingin udara dengan kapasitas mesin 644 cc. Mungkin ini yang disebut sebagai mesin big single. 644 cc tapi cuma pakai satu silinder. Tidak heran kalau diameter piston (bore) mencapai 100 mm dan panjang langkah (stroke) 82 mm. Kompresinya sendiri khas motor sederhana yang boleh dibilang tergolong kecil, hanya 8,3:1.

Mesin ini pun hanya menggunakan gearbox 5-speed saja yang dihubungkan ke roda belakang menggunakan rantai 520 tipe O-ring dengan final gear 15-45T. Untuk sistem pembakarannya XR650L masih mengandalkan karburator. Menariknya adalah XR650L masih saja comply dengan regulasi emisi yang berlaku di seluruh negara bagian Amerika Serikat. Padahal ini adalah motor jadul dengan teknologi jadul yang biasanya sangat mudah dibunuh oleh regulasi emisi terbaru.

Kesederhanaan dan tampang jadul XR650L semakin lengkap karena motor ini masih setia dengan suspensi depan model teleskopik khas motor vintage enduro atau vintage dual sport. Walaupun suspensinya masih teleskopik, tapi diameter tabungnya terhitung cukup besar, yaitu 43 mm. Belum lagi suspensi dengan merek Showa ini sudah dilengkapi dengan 16 pilihan compression-damping. Sementara itu suspensi belakang menggunakan mono shock bermerek Showa lengkap dengan linkage Pro-Link khas Honda yang bisa disetel dengan 20 pilihan compression-damping dan 20 pilihan rebound-damping. Nah tidak heran jika kemudian motor ini bagi sebagian orang adalah motor idaman di kalangan penggemar dual sport, terutama dual sport bertampang jadul. Dengan penampilan yang unik, kapasitas tangki bahan bakar gede, suspensi nyaman, perawatan mudah dan murah, membuat motor ini tetap diproduksi hingga 27 tahun sejak pertama kali diluncurkan.

comments

`