caption trialgame

Ini Fungsi dan Kegunaan Bushing Arm Motor Trail

Friday, 15 November 2019

Motor trail ada yang membutuhkan swing arm atau lengan ayun untuk menyambungkan roda belakang dengan rangka.Di dalam swing arm tersebut terdapat komponen yang namanya bushing arm, lalu apa sih fungsinya? Nah bushing arm berfungsi sebagai penyeimbang gerak swing arm, sekaligus meredam getaran.

Letak bushing arm ini memang tersembunyi berada di dalam bagian depan swing arm dan tertutup oleh as. Bushing arm ini memiliki model yang berbeda tergantung jenis motornya.Beda motor beda jenis bushing arm-nya, bushing arm ada dua, model karet dan model laher bambu.

Nah, sama seperti komponen lain bushing arm ini juga memiliki batas usia pakai seiring penggunaannya.Jika bushing arm rusak maka berkendara jadi tidak nyaman seperti terasa goyang, makanya komponen ini harus rajin di cek.

Bagi Anda yang motor trailnya sudah berusia 5 tahun lebih, harus tahu nih cara mendeteksi bushing arm yang rusak. Motor-motor baru biasanya jarang memiliki kerusakan pada komponen ini, karena kerusakan pada bagian bushing arm biasanya ada pada bagian karetnya. Nah pada motor trail yang sudah berumur biasanya kondisi karet akan getas.

Ada beberapa cara untuk mendeteksi kerusakan bushing di swing arm ini. Kalau motor sudah terasa tidak stabil sementara ban, pelek dan sokbreker aman, berarti kerusakan ada di area tersebut. Gunakan stand penyangga motor trail lalu goyangkan ban ke kanan dan kiri, jika ternyata bisa goyang itu berarti bushing swing arm mulai rusak dan harus segara diganti agar motor bisa kembali stabil dan nyaman saat digunakan.

Nah saat memasang bushing arm baru jangan diketok ya. Karena kebanyakan bengkel memasangnya dengan cara diketok, padahal itu salah. Bisa-bisa swing arm menjadi bengkok ketika pasang bushing,". Apalagi jika diketok tidak ada penahannya.

Cara pemasanganya lebih baik dibantu dengan baut 14mm atau tergantung ukuran dari bushing-nya. Tempatkan bushing di lubang swing arm lalu masukkan baut dan ganjal pakai socket kunci. Kemudian putar saja bautnya secara perlahan maka bosh arm atau bushing tadi masuk dan tidak bakal lepas lagi. Kalau dipaksa diketok swing arm bisa penyok dan sulit ketika dipasang lagi ke sasis karena bentuk yang sudah berubah. Jadi hat-hati ya jangan ceroboh.

Image credit : motocrossactionmag.com

comments

`