caption trialgame

Ini Fungsi Tabung Reservoir Radiator!

Wednesday, 28 July 2021

Ini Fungsi Tabung Reservoir Radiator!


Radiator merupakan komponen motor yang membantu mendinginkan suhu mesin dan mencegah terjadinya overheat. Perawatan paling simpel dari radiator dengan mengecek air radiator, Selain radiator, di mesin motor pendingin air juga dilengkapi tabung reservoir. Fungsi dari tabung reservoir ini sebagai wadah air cadangan atau air lebihan dari dalam radiator. Jika air di radiator kosong akibat menguap atau faktor lainnya, air di tabung reservoir ini akan tersedot ke dalam radiator.

Tabung reservoir merupakan wadah air cadangan atau wadah yang digunakan untuk menampung kelebihan air dari radiator. Pada mesin motor biasanya selain dilengkapi dengan radiator juga dilengkapi dengan reservoir.

Penting untuk memastikan tabung ini supaya tidak kering, sebab air di tabung reservoir inilah yang akan disedot oleh radiator jika air pada radiator habis. Jadi Anda juga harus mengecek dan mengganti air pada tabung reservoir secara berkala. Mengganti cairan pada tabung ini juga termasuk perawatan radiator supaya lebih awet.

Cara mengganti air radiator pada tabung reservoir bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.  Langkah pertama adalah melepas selang reservoir dari sambungan selang radiator. Setelah itu, Anda bisa menguras air sampai habis dan memastikan jika kotoran pada tabung tersebut terbuang dengan sempurna.

Jika Anda sudah selesai menguras air pada bagian tabung, pasang kembali selang yang menempel pada nepel radiator. Anda bisa mengisi air radiator 2/3 dari kapasitas tabung atau mengikuti petunjuk full pada tabung.

Jika air sudah selesai ditambahkan, tutup kembali tabungnya dan hidupkan mesin motor. Anda bisa memastikan apakah air berkurang atau tidak. Jika air ada di bawah garis full, tambahkan lagi air pada tabung.

Oh iya mengapa air radiator di tabung reservoir alias tabung cadangan tidak boleh diisi terlalu penuh ? Karena Saat tekanan naik, tutup radiator terbuka dan air panas akan mengalir ke tabung reservoir. Pabrikan sudah mengukur baik volume air dan batas-batas tersebut sesuai tipe mesin motor tersebut.  Salahnya, masih banyak yang tidak memperhatikan ini dan kurang peka terhadap kondisi air reservoir.

Idealnya, air radiator yang berada di tabung reservoir harus berada di batas atas atau full. Ruang kosong yang ada di atas batas atas tersebut berfungsi sebagai penampung air jika air dari radiator pindah ke tabung reservoir. Nah bahayanya, jika tabung reservoir radiator ini penuh hingga luber, bisa saja bila air radiator panas membuat tabung reservoir terlalu penuh dan mengenai kaki penggunanya, karena memang posisi tabung reservoir biasanya dekat dengan kaki. Jadi jangan terlalu penuh ya. 

comments

`